Pengertian Database : Aplikasi, Komponen dan Contoh Basis Data




Pengertian Database : Aplikasi, Komponen dan Contoh Basis Data - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Database (Basis Data). Apakah kalian sudah mengetahui? pastinya belum-kan jika anda sudah mengetahuinya tidak mungkin anda membuka artikel ini. Tidak usah lama-lama langsung saja kita masuk ke pembahasaan.



Pengertian Database 

Database (Basis Data) adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer yang dapat diolah atau dimanipilasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi. Pengertian database meliputi spesifikasi berupa tipe data, struktur data dan juga batasan - batasan pada data yang akan disimpan. Database merupakan aspek yang sangat penting dalam sistem informasi karena berfungsi sebagai gudang penyimpanan data yang akan diolah lebih lanjut, basis data menjadi penting karena dapat mengorganisasi datta, menghindari duplikasi data, menghindari hubungan antar data yang tidak jelas.


Macam - Macam Apliksi Database

1. Oracle

Salah satu perusahaan utama pengembang sistem manajemen basis data, perangkat lunak untuk mengembangkan basis data, perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan, enterprise resource planning dan perangkat lunak manajemen rantai pasok. Oracle Corporation didirikan pada tahun 1977.


2.My SQL

Sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL atau DBMS yang multialur, multipengguna, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. 


Baca Juga : Pengertian Flowchart dan Simbol – simbolnya dalamPemrograman


3.Microsoft Acces

Sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoin.


4. IBM DB2

Sebuah perangkat lunak sistem manajemen basisdata relasional yang dikembangkan oleh IBM. Perangkat lunak tersebut utamanya berjalan pada sistem operasi Unix, Solaris, Linux, IBM i/OS/400, z/OS, dan Microsoft Windows.


5.dBASE

Sebuah sistem manajemen basisdata yang secara luas digunakan pada mikrokomputer yang dikenalkan oleh Ashton-Tate untuk komputer CP/M, dan kemudian untuk platform Apple II, Apple Macintosh dan IBM PC dengan DOS yang menjadi salah satu perangkat lunak yang paling laris selama beberapa tahun pada saat itu.



Komponen - Komponen Database

1.Pengguna (User)

Komponen basis data yang pertama adalah pengguna atau user. Pengguna ini bisa dianggap sebagai orang-orang yang mempunyai wewenang untuk melakukan interaksi dengan sistem basis data dan mereka membutuhkan informasi yang ada didalamnya.


Baca Juga : Pengenalan VLAN (Virtual LAN)


2.Data

kumpulan tabel atau file yang membentuk suatu basis data. Berkenaan dengan komponen basis data satu ini, ada yang disebut dengan entitas dan atribut. Adapun entitas itu adalah konsep, kejadian, tempat atau bahkan orang yang informasinya akan disimpan. Sementara atribut adalah sebutan untuk mewakili entitas.


3.Software DBMS

DBMS atau Database Management System adalah software yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola basis data. Dengan DBMS ini, siapapun yang berkepentingan dengan basis data bisa memelihara, mengakses sekaligus mengontrol data dengan lebih mudah dan efisien.


4.Sistem Operasi

Perangkat lunak yang akan memfungsikan, mengendalikan semua sumber daya sekaligus melakukan operasi dasar yang ada pada sistem komputer. Sistem operasi ini tentunya harus sesuai dengan software pengelolaan basis data yang akan digunakan. Contoh sistem operasi ialah Windows XP, Unix, Linux, Windows 9x dan lain-lain.

 

5.Hardware

Hardware atau perangkat keras ialah berbagai hal yang berperan sebagai pendukung operasi pengolahan data. Hardware ini meliputi memori, terminal dan perangkat komputer lainnya

 

 Baca Juga : Perbedaan GUI dan CLI



Contoh Basis Data 







Kesimpulan 

Kesimpulan dari pembahasan ini, Database adalah  kumpulan data-data yang sejenis yang dikelompokan menggunakan aplikasi pengolah data kemudian  di jalanakan oleh komponen yang terdiri dari user sampai dengan hardware yang digunakakan.



Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama