Pengertian Perangkat Lunak (Software) Pengolah Kata


Pengertian Perangkat Lunak (Software) Pengolah Kata - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas seputar teknologi yang ada di dalam komputer yaitu pengertian perangkat atau software pengolah kata yang ada pada komputer. Tidak usah lama-lama lagi mari masuk ke pembahasanya berikut ini : 



Pengertian Perangkat Lunak (Software) Pengolah Kata

Software word processor (perangkat lunak pengolah kata) adalah suatu program pengolah dokumen berisi teks dan gambar yang memiliki keistimewaan dan lebih profesioanal dibandingkan program teks yang sudah ada.


Dalam sistem operasi berbasis teks, seperti Dos, kita bisa memanfaatkan COPY CON untuk membuat file teks, walaupun sifatnya sangat terbatas. Sedangkan dalam sistem operasi berbasis GUI, seperti windows, sebenarnya sudah ada Notepad yang kemampuanya dalam mengolah kata sudah cukup baik. Namun, karena tuntutan terhadap kebutuhan bekerja dengan teks dan objek- objek lain semakin kompleks, akhirnya harus depergunakan software yang benar-benar bisa memenuhinya.


Baca juga : Pengertian Database : Aplikasi, Komponen dan Contoh Basis Data


Saat ini sudah terdapat banyak sekali software pengolah kata yang bisa mengerjakan tugas yang sangat kompleks. Contoh-contohnya adalah Microsoft Word (Microsoft), Text Document (StarOffice).


Ciri khas software pengolah kata secara umum adalah pengolah karakter, kata, kalimat, yang akhirnya membentuk sautu paragraft, sekumpulan paragraft membentuk suatu halaman, dan kumpulan halaman membentuk sebuah naskah yang dalam hal ini disebut sebagai file atau dokumen.


Baca juga : Cara Merawat Laptop Agar Awet 


kemampuan utama software pengolah kata meliputi penulisan, pembentukan (Formatting), penambahan, penghapusan, penyimpanan, dan pencetakaan.


Penutup

Sekian penjelasan artikel ini mengenai pengertian perangkat atau software pengolah kata. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Dedy Priyanto Freelancer

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Perangkat Lunak (Software) Pengolah Kata"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel