Cara Memperbaiki File Excel yang Corrupt



Cara Memperbaiki File Excel yang CorruptMicrosoft excel merupakan aplikasi spreadsheet yang populer, hampir semua pekerjaan perhitungan sederhana dan tabel dapat dikerjakan dengan baik. Ketergantungan terhadap data yang terdapat pada aplikasi tersebut menyebabkan apabila terjadi kerusakan pada file MS Excel tersebut, menjadi hal yang merepotkan.


Baca Juga: 5 Laptop Mulai Dari 4 Jutaan Terbaik 2021


Pembuka

Pernahkah kalian mengalami kejadian saat membuka file Excel malah muncul pesan error? padahal sebelumnya file tersebut normal-normal saja dan file error tersebut masih bisa dibuka. Namun ketika dibuka file tersebut malah error dan yang tampil adalah serangkaian huruf unicode asing.


Baca Juga: Perbedaan GUI dan CLI


Ditambah file tersebut bukan kiriman dari orang lain atau komputer lain melainkan dibuat dengan komputer yang sama, dan akan membuat kamu berfikir apakah harus membuat ulang isi dari file tersebut atau tidak.


Slow sob, jangan buru-buru. Kamu masih bisa koko menyelamatkan file tersebut dengan memperbaikinya melalui beberapa cara. Antara lain :



Melakukan Perbaikan/Repair dengan Aplikasi MS Excel

Saat Microsoft Excel mendeteksi file yang rusak setelah dibuka, secara otomatis Microsoft Excel akan memulai mode pemulihan file dan berusaha untuk memperbaiki file tersebut.


Baca Juga: Pengertian Perangkat Lunak (Software) Pengolah Kata


Jika metode yang pertama  pemulihan file belum mulai, cobalah gunakan proses manual untuk memulihkan file kerja kamu, sob!

1.Pilih Open pada file menu. Pada Microsoft Excel versi berapapun, klik tombol Office dan pilih Open.



2.Pilih file yang rusak, kemudian jangan tekan open tetapi tekan icon segitiga turun yang berada di samping.



3.perhatikan pilihan pada menu segitiga ini. Pilih Open and Repair untuk membuka dan memperbaiki file.



4.Jika tetap tidak bisa kembali, coba pakai cara online. Sobat bisa mengunjungi website https://online.officerecovery.com/excel/




Penutup

Sekian penjelasan mengenai cara memperbaiki file excel yang corrupt. Semoga penjelasan sederhana ini dapat membuat anda paham. sekian sampai jumpa di artikel selanjutnya

Dedy Priyanto Freelancer

Belum ada Komentar untuk "Cara Memperbaiki File Excel yang Corrupt "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel