Pengertian SSD, Fungsi, dan Kelebihannya Dibanding HDD

Ruang penyimpanan yang umum digunakan dalam komputer atau laptop saat ini adalah Hardisk(HDD). Seiring perkembangn jaman, teknologi terus berkembang dan produsen komputer atau laptop berlomba lomba membuat inovasi agar produk yang mereka buat dapat bekerja lebih baik.

Agar Komputer dapat berkerja dengan optimal dan cepat, maka komponen pendukung di dalamanya juga harus bekerja secara optimal. Salah satu komponen komputer atau laptop yang sangat berpengaruh ke performa adalah ruang penyimpanan.

Ruang penyimpanan saaat ini di bagi menjadi 2 tipe, yaitu HDD( Hardisk drive) dan SSD (Solid State Drive). Untuk saat ini penyimpanan yang memiliki performa dan ketahanan yang baik masih di pegang oleh SSD karena HDD sudah ketinggalan beberapa fitur yang digunakan SSD saat ini.

Pengertian SSD 


SSD merupakan  perangkat yang digunakan dalam komputer atau laptop yang berfungsi untuk menyimpan data data yang memiliki kecepatan diatas HDD.

Fungsi SSD 


berfungsi sebagai penyimpanan sekunder dalam hierarki penyimpanan komputer.

Apa Kelebihan SSD dibanding HDD?

Kedua komponen tersebut memiliki fungsi yang sama, namun seiring perkembangan teknologi SSD jauh lebih memiliki keunggulan ketimbang HDD 

1.Lebih Cepat

Komputer atau laptop yang menggunakan SSD jauh lebih memiliki performa yang cukup cepat, Contonya saat kita menghidupkan laptop kita maka laptop yang menggunakan SSD lebih cepat sampai ke tampilan utama windows ketimbang laptop yang masih menggunakan HDD.

2.Daya Tahan

SSD di rancang dalam bentuk kepingan kemudian di rekatkan menggunakan perekat,  hal tersebut yang membuat SSD memiliki daya tahan yang lebih baik ketimbang HDD, dan SSD lebih aman apabila kita menggunakan laptop yang sering di bawa pindah - pindah tempat. 

3.Desain

SSD memiliki desain yang tipis dan kecil karena bentuk ssd mirip sebuah kepingan kecil panjang, hal itulah yang mmebuat SSD menjadi pilihan utama untuk penyimpanan laptop maupun komputer karena tidak memakan banyak tempat.

Lalu Apa Kekurangan SSD dibanding HDD?

SSD memiliki sejumlah keunggulan namun SSD juga memiliki sebuah kekurangan. Apa saja kekuranganya?

1.Kapasitas Kecil Harga Mahal

kapasitas SSD yang paling besar di pasaran saat ini adalah 4TB dengan harga  yang sangat mahal. Untuk mengatisipasi tersebut produsen SSD membuat ukuran yang masih dapat di jangkau yaitu 120 GB yang bisa dibeli dengan harga yang terjangkau.


Kesimpulan

Itulah Pengertian serta Kelebihan dan kekurangan SSD dibandingkan dengan HDD. Walaupun ukuran lebih kecil ketimbang HDD, SSD mampu membuat laptop atau komputermu lebih optimal dan lebih cepat.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian SSD, Fungsi, dan Kelebihannya Dibanding HDD"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Night Mode