Pengertian Fungsi dan Cara Kerja RAM

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas yang tidak jauh jauh dari komputer yaitu RAM. Lalu apa itu RAM? Random Akses Memory atau sering disebut RAM adalah sebuah perangkat yang berada di dalam sebuah komputer yang dapat mengakses memori secara acak dengan cepat. Terkadang RAM juga disebut sebagai memori utama dalam sebuah perangkat komputer.


Fungsi RAM

Sebuah perangkat utama yang berada di komputer tentunya memiliki fungsi, lalu apa saja fungsinya.
Berikut ini adalah fungsi utama RAM antara lain:

1.Membaca Data

Data yang akan kita simpan biasanya tidak akan langsung tersimpan di hardisk melainkan tersimpan di dalam sebuah RAM terlebih dahulu kemudian di transferkan ke Hardisk di karenakan kerja dari RAM dalam mengolah suatu data lebih cepat di bandingkan dari sebuah hardisk.

2.Penyimpanan Sementara

Di dalam sebuah sistem, RAM memiliki preran sebagai tempat penyimpanan yang sifatnya hanya sementara (hanya menanmpung).


Dari gambar di atas kita bisa melihat bahwa program yang kita gunakan akan di olah oleh RAM. karena fungsi utama dari RAM adalah menjaga agar suatu program aplikasi tetap berjalan walaupun kita membuka program yang lainya secara bersamaan.

Cara Kerja RAM

Pada saat kita pertama kali menghidupkan komputer. Perangkat yang pertama kali di proses adalah sebuah processor. Processor ini memiliki tugas untuk mengolah dan meminta data pada media penyimpanan seperti hardisk yang dapat di artikan bahwa data tersebut dikirim dari Processor setelah ada request data dari Processor.

Namun mekanisme yang di gunakan tidak semudah itu karena RAM berbeda dari sebuah Processor yang merupakan komponen digital murni dengan kecepatan memproses data yang cukup tinggi, Hardisk cenerung lambat dalam memproses sebuah data, jika hal ini terus menerus di lakukan akan terjadi yang namanya bottle-neck ( definisi di mana sebuah keadaan di mana salah satu komponen dalam PC menyebabkan performa sistem secara keseluruhan menjadi terhambat.

Untuk mengatasi hal itu maka di butuhkan lah suatu perangkat yang benama RAM. Disini RAM memiliki peran penting walau sifatnya sementara apabila jumlah RAM yang ada di komputer kita kecil dan kita sedang menjalankan banyak program maka komputer kita akan berjalan sangat lambat bahkan bisa not responding.

Ukuran RAM

Ukuran RAM biasanya di sesuaikan dengan perangkat lain yang terpasang pada komputer. Untuk mengecek seberapa besar RAM yang terpasang di dalam komputer kita anda dapat melihat sedikit caranya melalui gambar di bawah ini.









Jika di rasa komputer anda berjalan lamban alangkah baiknya cek ukuran RAM anda melalui cara di atas. Kemudian ganti apa bila ada slot yang kosong tambahi lah RAM dengan kelipatan yang sama dengan RAM yang sudah menempel di slot sebelumnya dan carilah RAM sesuai RAM yang ada di bawaan agar performanya stabil.


Itulah sedikit informasi tentang pengertian dan fungsi dari RAM serta cara cara melihat ukuran RAM yang ada di komputer kita.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Fungsi dan Cara Kerja RAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Night Mode