Technology

Jenis - Jenis DDR Pada RAM

Pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan topik sebelumnya yaitu tentang Random Akses Memory atau sering di sebut dengan RAM. Kali ini saya akan membahas jenis - jenis DDR pada RAM. Setiap RAM pada komputer pasti memiliki tipe tipe nya sendiri mulai dari DDR 1 hingga DDR 4. Lalu apa itu DDR? Doubel Data Rate adalah kelas kelas memori yang di gunakan dalam komputer.


Tanpa lama -lama lagi berikut ini adalah perbedaan DDR pada RAM :

1.DDR 1


DDR (double data rate) RAM generasi pertama ini merupakan memory yang mulai menggunakan teknologi double clock cycle. Jenis ini berbeda dengan SDR (single data rate). RAM hanya mampu melakukan single clock cycle, sehingga RAM DDR dapat mentranfers data 2 kali lebih cepat di bandingkan denga RAM yang bertipe kan SDR. 

DDR RAM memiliki beberapa jenis antara lain :
  • DDR-200 = Memiliki memory clock sebesar 100 MHz
  • DDR-266 = Memiliki memory clock sebesar 133 MHz
  • DDR-333 = Memiliki memory clock sebesar 166 MHz
  • DDR-400 = Memiliki memory clock sebesar 200 MHz
Frekuensi yang di hasilkan dari DDR 1 hanya antara 200-400 MHz

2.DDR 2



Jenis DDR 2 ini memiliki clock cycle dua kali lebih banyak ketimbang seri sebelumnya, yang artinya kemampuan dari DDR ini dua kali lebih cepat di bandingkan dengan DDR 1 memory clock-nya terentang dari 100 MHz sampai 266 MHz. 
Berikut ini adalah nama standar yang di miliki oleh DDR 2.
  • DDR 2-400
  • DDR 2-533
  • DDR 2-667
  • DDR 2-800
  • DDR 2-1066
Frekuensi yang di hasilkan dari DDR 2 antara 400-1966 MHz.

3.DDR 3



Sementara jenis DDR 3 ini dari segi memory clocknya jauh bebeda dengan RAM DDR 2 yaitu sebesar 100MHZ sampai 266MHz. Bedanya terletak pada frekuensi transfernya yang lebih tinggi yakni menyapai 2133 MHz. DDR 2 maksimal hanya 1066 MHz dan voltasenya yang lebih hemat yaitu hanya 1.5V yang dimana DDR 2 memerlukan voltase 1.8V sedangkan DDR1 memiliki voltase 2.5/2.6V.

4.DDR 4


Memori jenis ini merupakan generasi terbaru dengan transfer data mencapai 2133 - 3200 MT/s. RAM DDR 4 juga lebih efesien dengan tegangan kerja sebesar 1.2V. Dengan tegangan sebesar ini tercatat RAM DDR 4 mampu mencapai transfer data rate sebesar 1400 MT/s.

Pada RAM ini terdapat empat grub bank dimana setiap grub mampu menangani operasi secara independent. Hal ini membuat RAM DDR 4 mampu memproses 4 data dalam satu siklus clock dan membuatnya jelas lebih efesien ketimbang jenis sebelumnya.

Selain itu pada RAM DDR 4 juga memiliki fitur baru seperti DBI (Data Bus Pembalikan), CRC (Cyclic Redundancy Check) dan Ca paritas. Fitur - fitur ini yang membuat intregitas sinyal pada jenis ini dapat meningkatkan stabilitas transmisi data / akses.

5.DDR 5


Memori jenis ini di kabarkan akan mulai banyak rilis di tahun ini. DDR 5 sendiri kabarnya memiliki ukuran 32 GB di setiap unit partnya yang di mana akan membuat user dengan slot RAM yang minim menjadi sangat bahagia.


Sampai sekarang, produsen terkenal seperti Samsung maupun SK Hynix belum membandrol untuk DDR 5 ini , yang pastikan dengan teknologi tinggi dan kemajuan yang banyak akan membuat DDR 5 menjadi RAM yang sangat mahal.

Cukup sekian informasi yang bisa saya bagikan see you.
Dedy Priyanto Freelancer

Belum ada Komentar untuk "Jenis - Jenis DDR Pada RAM"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel