Pekerjaan Freelance adalah


Pekerjaan Freelance adalah

Pekerjaan freelance adalah Seseorang yang bekerja sendiri dan tidak berkomitmen kepada client atau atasan dengan jangka waktu tertentu.

Jenis pekerjaan Freelance

Perkerjaan freelance memiliki bidang yang umum dimana seseorang dapat menjadi tenaga lepas meliputi: Penertbit buku, jurnalis, penyalin tulisan, programmer, desain grafis dan penerjemah.

Praktik pekerja freelance sangat bervariasi. Beberapa memerlukan client untuk mendandatangani kontrak tertulis, sementara yang lain dapat melakukan pekerjaan berdasarkan lisan, yang mungkin dilaksanakan melalui sifat pekerjaan tersebut.  

Freelance di Indonesia

Pekerjaan freelance di Indonesia sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Sejak dulu telah banyak orang Indonesia yang melakukan pekerjaan paruh waktu mulai dari sector informal seperti tukang parkir dll sampai ke sektor formal seperti penerjemah, writer dll.

Dahulu Pekerjaan freelance di Indonesia dipandang sebelah mata karena dianggap kurang bergensi dan tidak menyediakan jaminan sosial yang cukup seperti asuransi atau pensiunan. Akan tetapi, seiring perkembangaan teknologi  terutama internet dan medsos, pekerjaan freelance perlahan mulai mendapatkan pengakuan dan semakin banyak orang Indonesia alih profesi sebagai freelance.

Data Freelancer Indonesia

Sampai saat ini ada data mengenai jumlah pekerjaaan freelance di Indonesia yang berasal dari sumber resmi pemerintah. Akan tetapi, menurut data portal pekerjaan lepas terbesar di dunia Freelancer.com, ada terdapat kurang lebih 550,000 freelancer asal Indonesia yang terdaftar di situsnya per oktober 2015 lalu. Secara total Freelancer.com memiliki 16 juta lebih anggota terdaftar sebagai freelancer.

Situs web Freelance

Situs web penyedia freelance yang menghubungkan antara pencari jasa atau proyek dengan para penyedia jasa atau freelance mulai bermunculan di Indonesia sejak 2014. Dari data situs penyedia web tenaga lepas Elance-oDesk asal Amerika, rasio raiting pekerja di Indonesia memiliki rata-rata 4.5 dari skala 5. Mayoritas pendapatan dari situs freelance untuk desain grafis 99 design berasal dari Indonesia. Untuk situs web freelance yang berasal dari Indonesia adalah Freelancer.com, Projects.co.id, Sribulancer, Gobann dan Serba50ribu.com

Keuntungan menjadi Pekerja Freelance

Seorang freelance memang tidak memiliki jaminan yang pasti mengenai gaji bulanan, asurasi kerja ataupun pensiunan karena sifat pekerjaanya yang tidak mengikat. Akan tetapi, seorang freelancer pun bisa mendapatkan beberapa keuntungan yang tidak bisa di dapat oleh pekerja tetap. Di antaranya adalah:

  • Flesksibelitas waktu : Seorang freelancer bisa menentukan sendiri waktu kerjanya selama dia bisa memenuhi batas waktu yang telah di tentukan.
  •  Fleksibelitas tempat : Seorang freelancer bebas menentukan tempatnya sendiri, dia bebas ingin bekerja dimana contoh: rumah ataupun cafĂ©.
  • Potensi pendapatan tinggi : Seorang freelancer tidak terikat pada satu pekerjaan saja atau pada satu client. Freelancer bebas mengambil pekerjaan berapa saja asalkan dia mampu untuk menyelesaikan pekerjaanya dalam batas waktu yang sudah disepakati.
  • Potensi mengembangkan jaringan : Seorang freelancer bisa mempunyai kesempatan lebih besar untuk mengembangkan jaringan dengan berbagai orang dari berbagai profesi.

Tantangan Pekerja Freelance

Selain keuntungan diatas, untuk hidup menjadi seorang freelance memiliki tantangan, di antaranya:

  • Pendapatan awal yang rendah : Di awal memulai karir sebagai freelancer biasanya pendapat yang akan di dapatkan relative kecil di karenakan belum memiliki portofolio. Oleh karena itu, sering di awal seorang freelancer mengambil sebanyak – banyaknya proyek agar portofolionya semakin banyak.
  • Butuh kedisiplinan : Seorang freelancer tidak memiliki atasan oleh karena itu dia harus bisa mendisiplinkan dirinya sendiri dan memotivasi dirinya sendiri agar bisa menyelesaikan pekerjaan untuk client tepat pada waktunya.
  • Harus mampu mengelola keuangan : Karena pendapatan yang tidak tetap setiap bulanya, seorang freelancer harus mampu mengelola keuangan pribadinya dengan baik.

Tips Sepurat Freelancing

Ada banyak tips sebutar pekerjaan freelance yang begitu penting sehingga semua freelancer yang sukses memiliki prinsip-prinsip sebagai berikut:

  • Bekerja sesuai passion : Menurut situs Nextren, sebaiknya jika tertarik bekerja sebagai freelancer ambilan job sesuai passion agar tidak keteteran saat mengerjaakan suatu proyek.
  • Memiliki pengalaman kerja : Maina Sumparadja, seorang freelance di bidang pib;ic relation, menyarankan agar frees graduate jangan langsung bekerja fulltime bekerja sebagai freelancer. Maina menyarankan agar memulai dengan pekerjaan tetap terlebih dahulu untuk mendapatkan pengalaman dan membangun portofolio.

Seikian artikel yang bisa saya sampaikan mengenai Pekerjaan Freelance, semoga dapat menjadi wawasan baru bagi anda pembaca setia techpedia04.


Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama