6 Jenis Lensa Kamera dan Fungsinya


 

Dalam fotografi lensa merupakan alat vital dari kamera yang fungsinya memfokuskan cahaya hingga mampu membakar medium penangkap. Terdiri dari beberapa lensa yang berjauhan yang bisa di atur sehingga menghasilkan ukuran tanggap gambar dan variasi fokus yang berbeda. 

Berikut panduan untuk mengenal beberapa jenis lensa kamera dan fungsinya yang bisa membantu mencapai hasil foto yang kamu inginkan.

6 Jenis Lensa Kamera dan Fungsinya


1.Standard Lens


Dalam fotografi lensa normal adalah lensa yang memproduksi bidang pandang yang tampak alami bagi pengamat manusia.

Focal length :
50mm

Fungsinya antara lain :
Portraits
Street Photography
Indoor Photography
Landscape Photography

2.Telephoto Lenses

Dalam fotografi lensa telephoto adalah adalah sebuah jenis tertentu dari lensa fokus panjang yang panjang fisik lensa lebih pendek dari panjang fokus. Hal ini dicapai dengan menggabungkan kelompok lensa khusus yang dikenal sebagai kelompok telefoto yang memperpanjang jalur cahaya untuk menciptakan lensa fokus panjang dalam desain keseluruhan jauh lebih pendek. Sudut pandang dan efek lain dari lensa panjang fokus yang sama untuk lensa telefoto fokus panjang yang ditentukan sama.

Focal Length :
200mm
300mm
500mm

Fungsinya antara lain :
Potrait Photography
Wildlife Photography
Sport Photography
Astronomi

3.Wide Angle Lenses

Dalam fotografi dan sinematografi, lensa sudut lebar mengacu pada lensa yang panjang fokusnya jauh lebih kecil dari pada panjang fokus lensa normal untuk bidang film tertentu.

Focal Length :
16mm
20mm
24mm

Fungsinya antara lain :
Pemandangan
Interiors
Group Photo
Street Photography
Architecture

4.Fisheye Lens


Lensa satu ini adalah jenis lensa yang tidak umum digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Hal ini disebabkan distorsi yang dimiliki oleh lensa yang sebenarnya adalah lensa ultra wide-angle ini. Dinamakan fisheye, lensa ini menghasilkan hasil foto dengan proporsi yang cenderung cembung.

Focal Length :
8mm
10mm
15mm

Fungsinya antara lain :
Under water Photography
atau fokus untuk foto di bawah laut

5.Prime Lens


Prime lens adalah lensa dengan panjang fokal yang tidak dapat diubah, dalam arti ketika ingin memperbesar atau memperlebar jangkauan objek yang ingin difoto, Anda harus melakukan zooming secara manual yakni menggunakan kaki alias maju mundurkan badan. Tentu berbeda dengan lensa zoom yang terdapat grip untuk melakukan zooming pada kamera, sehingga Anda tidak perlu maju-mundur untuk memperbesar atau memperlebar objek.

Focal Length :
35mm
50mm
85mm
135mm

Fungsinya antara lain :
Mendapatkan gambar yang fokus kepada obyek sedangkan backgroundnya blur

6.Zoom Lens

Lensa variabel atau sering disalahkaprahkan dengan lensa zoom adalah lensa khusus dengan jarak fokus yang bisa diubah-ubah.

Focal Length :
17-40mm
24-70mm
70-200mm

Fungsinya antara lain :
Mendapatkan kepraktisan karena aa beberapa focal length dalam satu lensa

Penutup
Sekian artikel mengenai 6 Jenis Lensa Kamera dan Fungsinya semoga dapat menjadi refrensi anda.


Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama