Cara merawat laptop agar awet

 


Ketika anda memiliki barang elektronik seperti laptop, pastinya anda ingin umur laptop tersebut tahan lama. Kali ini saya akan memberi tips cara merawat laptop agar awet, Seperti hal nya manusia laptop juga sangat butuh perawatan.

Mari simak penjelasanya lebih lanjut di bawah ini.

Cara merawat laptop agar awet


1.Gunakan Stabilizer

Jika anda bekerja dalam waktu lama lebih baik lepas batre laptop anda kemudian tambahkan stabilizer agar aliran listrik menjadi stabil. Sehingga kenyamanan anda tidak terganggu.

2.Jauhkan dari minuman


Hal yang sangat sepele ini seberannya sangat berbahaya, apabila kita meletakan minuman kita di dekat laptop apabila tidak sengaja menyenggol minuman tersebut kemudian tumpah ke bagian keyboad dan masuk ke dalam, hal yang bakal terjadi apa? mainboard yang didalamnya bisa terganggu kesehatanya  bahkan bisa mati tiba - tiba.

3.Jangan pake laptop sampai batre 0%

Jika anda ingin usia batre laptop anda awet, gunakanlah sampai batas tertentu atau ketika ada notif isi batre lakukanlah, karena cara ini terbukti agar laptop yang anda gunakan awet.

4. Hindari penggunaan game berat

Jika laptop anda bukan laptop gaming, hindari lah menggunakannya untuk memainkan game berat karena sistem atau penggolah grafis di laptop anda tidak kuat, masalah yang akan timbul adalah overheat.

5.Gunakan tas yang tepat


Jika anda sebagai mahasiswa, pastinya akan membawa laptop anda kemana-mana, sebisa mungkin gunakanlah tas yang ada tempat untuk laptop itu sendiri karena laptop rawan dengan guncangan. jika terus menerus terkana guncangan kesehatan laptop tersebut dapat terganggu.

6.Jangan gunakan laptop di atas kasur

Banyak orang sangat nyaman menggunakan laptop sambil tiduran dikasur, apabila saat kita lagi mager untuk duduk, tapi tahukah bahwa saat kita menggunakanya di kasur siklus udara yang di laptop dapat terganggu karena di kasur terdapat debu yang kecil, yang dapat menggangu kinerja laptop di masa mendatang. Karena fan di laptop tersebut sudah penuh dengan debu.

7.Jangan taruh benda berat di atas laptop

Hal yang sepele tapi jika dilakukan secara terus menerus dapat membuat layar dimonitor kita rusak atau bahkan bisa menggangu komponen didalamnya.

8.Matikan laptop sesuai prosedur

Saat mematika laptop jangan sekali kali mematikanya dengan tombol power, karena itu bukan cara yang benar, matikanlah sesuai prosedur dengan menekan ikon windows lalu pilih shut down.

9.Bersihkan laptop dengan berkala

Hal ini yang sering sekali dilakukan oleh pemiliki laptop, membiarkan laptop dalam keadaan kotor itu berarti memperpendek umur laptop. Usahakan secara rutin bersihkan layar dan keyboard laptop anda.

10.Gunakan alas yang datar


Hal ini sangat penting, saat laptop menyala otomatis piranti didalamnya akan berputar. Terlebih jika laptop dalam kondisi miring, dikhawatirkan piranti yang berputar dapat menggores komponen didekatnya. Hal tersebut sangat beresiko untuk laptop anda.

Sekian penjelasan mengenai Cara merawat laptop agar awet. See you next artikel.

Dedy Priyanto Freelancer

Belum ada Komentar untuk "Cara merawat laptop agar awet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel