Pengertian vga


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas komponen pada komputer yaitu VGA. Apa sih itu VGA? Video Graphics Array atau sering disebut dengan VGA adalah sebuah standar tampilan komputer analog yang di pasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standard VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih di impletasikan pada pocket PC. VGA merupakan satandar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas parbrik pembuatan kartu grafis komputer. Tampila windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.

Video Graphics Array (VGA) ini bisa dinamakan juga dengan video card, video adapter, display card, graphics card. Istilah VGA sendiri juga sering di gunakan untuk mengacu pada resousi layar berukuran 640x480, apapun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain game diperlukanlah kartu grafis berdaya tinggi. Produsen kartu grafis yang terkenal antara lain ATI dan nVidia.

Fungsi

Fungsi VGA Card, yang sering di sebut Grapic Card (kartu grafis) berfungsi untuk menerjemahkan atau mengubah sinyal digital komputer menajadi tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Untuk menggambar ataupun untuk bermain game. Tempat meletakanya kartu grafis ini disebut slot expansi. Chipshet/Processor pada VGA, banyak sekali macamnya karena tiap-tiap pabrik kartu VGA memiliki chipset andalanya sendiri. Ada banyak produsen chipset VGA seperti NVidia, 3DFX, S3, ATi,Matrox dan sebagainya.

Jenis Memori VGA

Berdasarkan klarifikasi memori yang di pergunakan, maka kartu VGA dapat di bedakan menjadi beberapa jenis sebagai berikut:
  1. DRAM (Dynamic RAM)
  2. EDO RAM
  3. VRAM (Video RAM)
  4. SGRAM (Synchronous Graphic RAM)
  5. RAMBUS
  6. Arsitektur sistem I/O bus VGA
  7. VGA ISA
  8. VGA EISA
  9. VGA PCI
  10. VGA AGP
  11. VGA PCle
Cukup sekian pembahasan kali ini. Terimakasih



Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama