Perbedaan cpu gpu dan apu

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas perbedaan dari GPU, CPU dan APU. Seorang pengguna komputer tertentu sangat mengetahui bahwa perangkat keras sama pentingnya dengan perangkat lunak. Jenis perangkat keras komputer itu terdiri dari banyak jenis yang tentunya tidak asing lagi bagi anda yang sering menggunakan komputer. Ketiga komponen tersebut menjadi perangkat yang tidak boleh untuk disepelekan.


Berikut ini adalah pembahasanya.

Perbedaan cpu gpu dan apu

 1.CPU

Diantara perangkat keras komputer yang jumlahnya cukup banyak, CPU merupakan istilah yang sangat populer. Tidak hanya di kalangan pengguna komputer bahkan di kalangan orang awam yang jarang menggunakan komputer, Central Processing Unit atau yang sering disebut dengan CPU merupakan otak atau intisari dari sebuah komputer. Tugasnya sendiri adalah melakukan hal yang berkaitan dengan eksekusi sekaligus kalkulasi. Dalam proses menghidupkan komputer hingga menggunakannya anda perlu sebuah CPU.

Mengingat komputer tidak lagi menjadi bahan mewah, melainkan telah menjadi kebutuhan banyak orang, ketersedianya di pasaran pun sangat banyak. Anda bisa mendapatkan CPU dari berbagai macam merk yang di produksi oleh produsen luar atau dalam negri. Jika anda ingin menginginkan kinerja komputer yang maksimal, maka spesifikasi CPU juga harus mumpuni. Karena semakin tinggi spesifikasinya maka semakin kencang juga komputer anda.

2.GPU


Dibandingkan dengan CPU, perangakt keras yang satu ini masih jarang di kenali. Jikaanda bukan pengguna komputer aktif, maka GPU tidak anda kenali. Namun bagi mereka yang sering menggunakan komputer atau merakitnya sendiri GPU ini menjadi perangkat keras yang tidak kalah penting dari CPU. Graphics Processing Unit atau lebih mudah diinggat degan GPU memiliki tugas cukup penting dalam menampilkan bentuk grafis yang akan terlihat di layar komputer. Sehingga anda dapat bekerja dengan mudah dengan memahami tampilan yang ada di monitor.

Tampilan grafis yang di maksud meliputi banyak hal. Diantaranya saat menjalankan aplikasi di komputer anda atau saat bermain game menggunakan resolusi tinggi hingga memiliki tampilan grafis yang sangat nyata. Dengan teknologi yang semakin berkembang GPU akan lebih tersempurnakan lagi.

3.APU

Selain GPU, perangkat keras yang cukup asing adalah APU. Accelerated Processing Unit atau disingkat APU ini menjadi sebuah perangkat keras yang menggabungkan fungsi dari CPU dan GPU. Dengan kata lain perangkat keras ini memiliki dua fungsi sekaligus yang membuat komunikasi antara kedua fungsi ini berjalan dengan cepat karena letak CPU dan juga GPU berada di tempat yang sama. Selain mampu bekerja lebih cepat, komputer juga hanya mengomsumsi daya lebih sedikit di bandingkan hanya mengguakan CPU dan GPU saja.

Namun pengguna APU juga memiliki kelemahan. Mengingat letaknya yang berada di tempat yang sama dengan CPU dan GPU biasanya salah satu fungsi dari kedua perangkat itu akan dikorbankan. 

Cukup sekian artikel yang bisa saya bagikan. 



Dedy Priyanto Freelancer

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan cpu gpu dan apu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel