Pengertian power supply

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas apa itu Power Supply. Power Supply ( PSU ) merupakan suatu komponen komputer yang mempunyai fung...


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas apa itu Power Supply. Power Supply (PSU) merupakan suatu komponen komputer yang mempunyai fungsi sebagai pemberi suatu tegangan serta arus listrik ke komponen komputer lainya yang telah terpasang dengan baik pada motherboard, tujuan dari penyaluran listrik ini adalah agar perangkat komputer lainya dapat berfungsi sebagai mestinya sesuai dengan tugasnya.

Arus yang di salurkan oleh power supply ini merupakan jenis arus AC atau bolak balik, namun dengan kelebihan psu ini dapat mengubah arus bolak balik menjadi arus DC atau merupakan arus yan searah karena pada dasarnya semua komponen yang terdapat pada perangkat komputer hanya bisa melakukan pergerakan pada satu aliran listrik.

Unit PSU ini mengubah AC utama menjadi daya DC yang diatur bertegangan rendah untuk komponen internal komputer. Komputer modern secara universal menggunakan catu daya mode switched. Beberapa catu daya memilki saklar manual untuk memilih tegangan sementara yang lain secara otomatis beradaptasi dengan tegangan listrik.

Sebagaian besar catu daya komputer desktop modern sesuai spesifikasi ATX, yang mencakup faktor bentuk dan toleransi tegangan. Sementara catu data ATX terhuung ke catu daya, ia selalu memberikan tegangan 5 Volt siaga (5VSB) sehingga fungsi siaga pada komputer dan periferal tertentu di aktifkan. Catu daya ATX dinyalakan dan dimatikan oleh sinyal motherboard. Mereka juga memberikan sinyal ke motherbard untuk menunjukan kapan tegangan DC dalam spesifikasi, sehingga komputer dapat dengan aman dinyalakan dan boot. Standar ATX PSU terbaru adalah versi 2.31.

Fungsi

Power Supply memiliki fungsi untuk mengubah arus bolak balik dari stop kontak ke arus listrik bertegangan rendah untuk mengoperasikan processor dan perangkat periferal. Diperlukan beberapa voltase arus searah, dan voltase tersebut harus di atur dengan akurasi untuk memberikan operasi komputer yang satbil. Rel catu daya atau rel tegangan mengacu pada satu tegangan yang disediakan oleh unit catu daya.

Jenis-Jenis

Sering berjalanya waktu, sudah berkembang beberapa jenis power supply untuk komputer. Di antaranya adalah AT, ATX dan juga BTX. Ternyata dari ke 3 jenis tersebut memiliki beberapa perbedaan. Lalu apa saja perbedaanya? Berikut ini adalah penjelasanya.

1.Power Supply AT

Power supply AT atau Advance Technology ditunjukan untuk motherboard jenis AT. Motherboard AT ini sendiri merupakan motherboard lama yang sering di gunakan untuk processor seperti pentium 3 dan 4. Power supply ini mempunyai daya listrik yang cukup rendah yaitu urang dari 250 watt hingga 250 watt.

2.Powe Supply ATX

Power supply ATX atau Advance Technology Extended merupakan power supply yang paling banyak dan sering di gunakan saat ini. Di bandingkan dengan seri AT, ATX ini memiiki daya listrik yang lebih besar.

3.Power Supply BTX

Power supply yang ketiga yaitu seri BTX. Power Supply ini memiliki dua macam kabel power yakni kabel power dengan 24 pin yang mengarah ke motherboard dan kabel sata yang meiliki 15 pin. Kelebihanya di bandingkan dengan jenis power supply sebelumnya adalah efesiensi dayanya yang relatif lebih baik.

Cukup sekian artikel mengenai Power Supply yang bisa saya bagikan. Bye


COMMENTS

Nama

Apple,6,Artikel,126,ASUS Rog Zephyrus g14,1,Backlink,1,Bahasa Indonesia,1,Bulu Tangkis,1,Console,14,Cyberpunk 2077,1,Dlc 2,1,fotografi,3,Game,13,guest post,1,History,4,html,3,Jenis Laptop,1,Masa Depan,2,NFC,1,Pc,3,pes 2013,3,pes 2020,3,pes 2021,4,Rekomendasi,1,Samsung,2,SepakBola,2,smartphone,3,soal rpl,3,soal tkj,19,Soal TKJ Kelas XI,1,Soal TKJ Kelas XII,1,Software Android,7,Software Pc,30,Steam,1,Teknik Informatika,1,Template,6,Ti,2,Tips,5,Tutorial,1,Xiaomi,1,
ltr
item
TECH PEDIA 04: Pengertian power supply
Pengertian power supply
https://1.bp.blogspot.com/-Rcq3OnMNxoA/XoO3Gq6HYAI/AAAAAAAAAgA/PL7ObUxia7gFY6xupLZroWVKRx3DN6KCwCK4BGAsYHg/s320/PSU.png
https://1.bp.blogspot.com/-Rcq3OnMNxoA/XoO3Gq6HYAI/AAAAAAAAAgA/PL7ObUxia7gFY6xupLZroWVKRx3DN6KCwCK4BGAsYHg/s72-c/PSU.png
TECH PEDIA 04
https://www.techpedia04.my.id/2020/04/pengertian-power-supply.html
https://www.techpedia04.my.id/
https://www.techpedia04.my.id/
https://www.techpedia04.my.id/2020/04/pengertian-power-supply.html
true
3352910743458521246
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content