Kelebihan Dan Kekurangan Fiber Optik




Kelebihan Dan Kekurangan Fiber Optik  - Untuk mengetahui performansi dari perangkat telekomunikasi yang sangat berkembang ini, banyak media yang digunakan dalam pendistribusian sinyal. Salah satunya adalah serat optik yang dapat dikatakan sebagai salah satu bentuk transmisi gelombang cahaya.


Dapat dijelaskan bahwa serat optik merupakan serat plastik yang membawa gelombang sinyal cahaya di sepanjang serat optik yang digunakan dalam transmisi telekomunikasi. Fiber Optik banyak digunakan yang memungkinkan transmisi melalui jarak yang lebih jauh dan pada bandwidth yang lebih tinggi (kecepatan data) daripada bentuk komunikasi lainnya.


Fiber Optik merupakan jenis kabel yang biasanya dibuat dari kaca ataupun plastik yang sangat halus dan sangat kecil dibandingkan kabel lain pada umumnya. Serat optik juga dapat digunakan untuk mengirimkan sinyal menggunakan cahaya dari satu tempat ke tempat lain. Kabel ini biasanya menggunakan cahaya yang berasal dari laser atau LED. Fiber Optik memiliki diameter kurang lebih 120mm.



Apa fungsi dari fiber optik?

Cladding berukuran diameter 5 µm-250 µm dan terbuat dari bahan silikon. Selain sebagai pelindung inti, bagian ini juga menjadi penuntun gelombang cahaya yang menembus dari inti agar data tentang cahaya tidak hilang. Bagian pelapis adalah bagian mantel dari fiber optik yang terbuat dari bahan dasar plastik elastis.


Bagian ini berfungsi sebagai pelindung dari gangguan fisik, seperti kelembapan pada kabel dan bengkokan pada kabel. Bagian terluar dari fiber optik adalah selubung luar yang merupakan bagian terpenting dari kabel fiber optik. Bagian ini juga merupakan komponen pertama yang melindungi bagian dalam kabel fiber optik dari gangguan fisik dari luar komponen.


Saat ini, teknologi fiber optik juga mulai digunakan di Indonesia pada jaringan telepon dan internet. Salah satu perusahaan yang telah menggunakan teknologi fiber optik adalah Telkom Indonesia dan digunakan dalam produknya yaitu Indihome Fiber. Namun, tidak semua daerah bisa menikmati layanan fiber optik ini.



Kelebihan Fiber Optik

  • Fiber optik memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh kabel lain pada umumnya, seperti berikut ini.
  • Fiber optik mampu mengirimkan lebih banyak data dengan kecepatan tinggi, bahkan dapat mencapai Gbps, sehingga bandwidth (bandwidth) menjadi lebih besar.
  • Lebih kecil dan lebih ringan dari kabel lain, yang menghemat ruang.
  • Fiber optik memiliki sedikit gangguan, karena kabel ini tidak terpengaruh oleh sinyal elektromagnetik dan radio karena tidak menggunakan listrik melainkan menggunakan plastik dan cahaya.
  • Lebih aman, karena serat optik tidak mudah terbakar dan tidak menghantarkan listrik sama sekali.
  •  Fiber optik dapat membawa sinyal lebih jauh dari kabel yang menggunakan sinyal listrik pada umumnya. Bahkan fiber optik pun tidak memerlukan penguat sinyal, jika dibutuhkan repeater biasanya akan ditempatkan pada jarak yang jauh.
  • Non-Konduktif, tidak ada tenaga listrik dan tidak ada percikan api.
  • Tidak berkarat
  • Mapu akan menjawab teknologi untuk 5 tahun ke depan mulai 2019.


Apa kekurangan dari fiber optik?


Kekurangan Fiber Optik

  • Setiap benda pasti memiliki kelemahan walaupun sangat kecil, termasuk fiber optik. Berikut adalah kelemahan teknologi serat optik.
  • Perawatan dan pemasangannya susah, jika ada kerusakan pada kabel fiber optik harus menghubungi orang yang sudah berpengalaman dan memiliki keahlian di bidangnya.
  •  Harganya relatif mahal jika dibandingkan dengan jenis kabel lain seperti UTP yang harganya terjangkau.
  •  Kabel fiber optik tidak dapat ditempatkan pada tikungan yang sangat tajam, hal ini dikarenakan fiber optik menggunakan cahaya sebagai penghantar sinyal, jika kabel dibengkokkan maka cahayanya akan bocor dan akan mengalir ke tikungan tersebut.
  • Teknologi fiber optik sangat cepat dalam mentransfer data. Hal ini dikarenakan teknologi fiber optik menggunakan cahaya sebagai penghantar, seperti yang kita kenal dengan cahaya. Namun diketahui bahwa teknologi perkabelan terkini dalam dunia internet adalah kabel fiber optic.
  • Serat optik dibedakan menjadi dua berdasarkan mode transmisinya. Jenisnya adalah Single Mode Optical Fiber (SMF) dan Multi Mode Optical Fiber (MMF). Kabel SMF adalah kabel jaringan yang memiliki transmisi tunggal sehingga hanya dapat memancarkan cahaya hanya melalui satu inti pada satu waktu. Serat optik ini memiliki inti kecil yang digunakan untuk mentransmisikan gelombang cahaya dari sinar laser infra merah.
  • Kabel MMF merupakan kabel yang mampu memancarkan banyak cahaya dalam waktu bersamaan karena memiliki ukuran inti yang besar dan memiliki diameter hanya sekitar 625 mikrometer. Serat optik MMF dapat memancarkan sinar yang memiliki panjang 850 nanometer hingga 1300 nanometer.

Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam menulis atau mengupload artikel ini mohon untuk memberikan kritik dan saran yang sangat membimbing dan membantu Admin agar nantinya Admin akan memperbaiki website ini agar menjadi lebih baik lagi. Dan semoga Anda bisa mendapatkan informasi atau wawasan baru yang bermanfaat dari artikel tentang kelebihan dan kekurangan fiber optik ini.


Artikel ini dibuat oleh : mas dzikry


Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama