Fungsi dan Cara Kerja Jaringan Telekomunikasi




Fungsi telekomunikasi dan cara kerja jaringan telekomunikasi - Manfaat dari fungsi telekomunikasi untuk kedepannya sangat dibutuhkan guna menunjang proses aktivitas perkotaan di kabupaten ini selain berfungsi sebagai sarana komunikasi antar masyarakat sehingga dapat meningkatkan aktivitas sehari-hari. Jaringan komunikasi saat ini memegang peranan penting dalam aspek kehidupan masyarakat baik dalam kehidupan sosial, ekonomi, pelayanan maupun pemerintahan.


Arah pembangunan telekomunikasi akan diprioritaskan pada pusat-pusat perkotaan yang berfungsi sebagai pusat layanan skala nasional, provinsi dan kabupaten, dimana pusat-pusat layanan tersebut akan terkoneksi dengan baik sehingga dapat membantu fungsinya masing-masing. Rencana meningkatkan sistem jaringan dan Fungsi Telekomunikasi di Kabupaten OKU Timur meliputi:



Sistem Jaringan Telekomunikasi Telepon Kabel

Rencana pembangunan infrastruktur telekomunikasi dalam bentuk sistem jaringan kabel telepon diarahkan untuk menjangkau seluruh ibu kota kecamatan dan desa, sedangkan prioritas pembangunan dilakukan secara bertahap dan ekonomis dengan mengembangkan di pusat-pusat pelayanan (PKWp, PKL, dan PKLp), Perencanaan sistem telekomunikasi memerlukan perhitungan perkiraan kebutuhan pada akhir tahun perencanaan dalam hal ini tahun 2031.



Apa inti dari sistem telekomunikasi?



Inti Dari Telekomunikasi

Jaringan inti telekomunikasi menjamin berbagai fungsi pada jaringan, mulai dari mengaktifkan layanan seluler dan web; hosting penawaran cloud dan colo; dan menangani persyaratan backend TI. Dengan mendukung berbagai fungsi TI, inti menjadi rentan terhadap kepadatan panas yang tinggi karena kebutuhan komputasi yang meningkat.


Dengan 5G yang tumbuh dengan pesat dari mitos menjadi kenyataan, operator harus mengevaluasi kembali infrastruktur yang ada untuk memastikan bahwa itu dapat mendukung lingkungan komputasi kepadatan tinggi. Banyak pusat data inti operator dirancang dalam tapak kecil, membuatnya rentan terhadap tantangan panas.


Oleh karena itu, tantangannya adalah menstabilkan infrastruktur yang ada untuk keandalan dan kemudahan maksimum, sambil memastikan fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi dengan kebutuhan di masa mendatang.


Telecommunication Edge

Dengan latar belakang ini, operator dihadapkan pada tantangan untuk memperluas jejak jaringan mereka dan membawa hubungan yang lebih dekat ke pelanggan untuk menghindari kebingungan para pelanggan. Dengan jaringan luas lokasi terdistribusi, operator harus mengurangi latensi bagi pelanggan mereka dan memastikan kedaulatan data. Mempercayakan seluruhnya pada fungsi pusat data inti mungkin tidak efektif dan hemat biaya bagi operator telekomunikasi. Memperkuat tepi jaringan kemudian harus dipertimbangkan.


Akses jaringan

Namun memasang atau menyambungkan kabel daya di daerah terpencil bisa menjadi tantangan. Mengelola dan memelihara daya di lokasi terpencil memerlukan penggunaan generator, dan pengiriman solar dapat terhambat oleh kondisi cuaca buruk dan penyebab penundaan lainnya. Jika sumber daya tersedia, sumber energi hibrida atau alternatif dapat digunakan.


Multimedia Telekomunikasi

Kajian keahlian Telekomunikasi Multimedia meliputi tahapan pembangkitan, pengkodean, penyimpanan dan transmisi sinyal atau informasi secara efektif dan efisien, aman dan memenuhi kualitas layanan yang telah ditentukan. Selain itu, juga mengkaji transmisi informasi melalui media kabel dan gelombang radio atau nirkabel. Kegiatan akademik yang diselenggarakan termasuk praktikum didukung oleh Laboratorium Telekomunikasi, Laboratorium Data dan Laboratorium Jaringan Komputer.



Apa fungsi dari jaringan telekomunikasi?



Fungsi dan Cara Kerja Jaringan Telekomunikasi

Di era yang semakin maju dan berkembang seperti saat ini, jaringan telekomunikasi sangat dibutuhkan dalam segala hal. Tidak dapat dipungkiri bahwa ada berbagai jaringan komunikasi yang dapat kita gunakan, baik dari segi bisnis, ekonomi, pendidikan, keluarga dan lain sebagainya. Begitu juga dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing jaringan telekomunikasi tersebut. Untuk lebih jelasnya tentang ini, kita bisa simak uraiannya berikut ini.


Wireline

Komunikasi Wireline adalah seorang profesional sesuaikan informasi dengan perantara kabel.

 Keunggulan dan keuntungan dari jaringan wireline antara lain:

  •  Transmisi data 10 sampai dengan 100 Mbps.
  •   Penundaan atau waktu koneksi antar komputer cepat.
  •  Transmisi data dapat berjalan lancar.
  •  Biaya peralatan yang digunakan terjangkau.


Kelemahan jaringan kabel, antara lain:

  • Penggunaan terbatas pada suatu tempat yang terjangkau kabel.
  • Waktu instalasi yang membutuhkan waktu 
  •  Membutuhkan tempat dan lokasi jaringan yang permanen.
  • Sulit untuk berpindah tempat (harus mengubah instalasi jaringan).


Nirkabel

Komunikasi wireless adalah proses pengiriman informasi tanpa kabel. Cara kerja dengan mengganti data digital menjadi sinyal data elektromagnetik alhasil dipancarkan ke tempat tujuan.

Keunggulan jaringan wireless atau nirkaleb, antara lain:

·       Mobilitas.

·        Kecepatan instalasi.

·        Fleksibilitas tempat.

·        Pengurangan anggaran biaya.

·        Kemampuan jangkauan.


Kekurangan jaringan wireless, antara lain:

·        Penyaluran data jumahnya jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan jaringan kabel.

·        Transmisi data dari komputer yang mengganggu satu sama lainnya.

·        Biaya peralatan jaringan wireless mahal.

·        Kapasitas jaringan memiliki keterbatasan yang disebabkan oleh spektrumnya tidak besar (karena            pita frekuensi tidak dapat diperlebar).

·        Keamanan data atau kerahasiaan dari data kurang terjamin.


Modem

Modem dial-up atau telepon modem. Modem ini bekerja dengan menggunakan jaringan kabel. Jaringan ini biasanya digunakan untuk koneksi internet lewat ISP (Penyedia Layanan Internet). Kabel Modem (kabel modem). Modem ini memiliki cara kerja untuk cara kerja Network Interface Card (NIC) yang dipasang pada komputer LAN.


Jaringan ini tidak mendukung jarak yang membantu NIC. Modem DSL. DSL yaitu Digital Subscriber Line atau ADSL menggunakan jaringan kabel telepon yang sudah ditingkatkan kinerjanya atau memiliki perangkat tambahan tertentu. Demikian ulasan tentang fungsi telekomukasi semoga dapat bermanfaat.


Artikel ini dibuat oleh : mas dzikry


Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama