Perbedaan programmer dan developer



Perogrammer dan developer merupakan salah satu pekerjaan yang paling sering di bahas di dunia IT. Namun banyak orang yang masih menganggap bahwa programmer dan developer adalah pekerjaan yang mempunyai tingkatan yang sama. Benarkah demikian? techpedia04 akan memberikan perbedaan dari programmer dan developer.


Perbedaan programmer dan developer



Programmer
programmer adalah seseorang yang mampu menyelesaikan masalah dengan menggunakan bahasa pemrograman. Mereka mempunyai banyak kemampuan terdiri dari berbagai level, mereka sangat handal dalam menulis kode, mengerti algoritma dan sering berkerja sendiri, bahasa kerenya work alone.


Developer
developer adalah seorang programmer yang sudah terlatih, mereka tidak serta merta menyelesaikan masalah, namun juga membagun sebuah projek atau produk. Mereka melakukannya sesuai prinsip-prinsip desain dan implementasi rekayasa perangkat lunal, termasuk hal-hal seperti kinenrja, maintainability, skalabilitas, ketahanan, serta keamanan.

Developer memiliki pengalaman yang cukup untuk menyelesaikan masalah yang sudah pernah ia selesaikan sebelumnya dan tahu mana metode yang berhasil dan mana yang tidak. Developer biasanya menggambarkan tujuan dan mereka merancang perangkat lunak yang akan diambil. Developer memiliki lebih banyak kebebaasn karena mereka memiliki pengalaman yang lebih banyak serta dalam.

Programmer sendiri biasanya sering disebut dengan coder, sedangkan developer juga bisa disebut dengan software enginer. Lebih mudahnya, programmer bisa dikatakan seorang penyelesai masalah dan developer bisa dikatakan seorang yang tidak hanya menyelesaikan masalah namun punya kinerja yang terstuktur dan disiplin.

Jadi perbedaan programmer dan developer yang paling mendasar adalah tingkat derajatnya. Developer lebih banyak membutuhkan waktu, tenaga, fikiran dan mood. Sedangkan programmer dapat mempercepat penyelesaian masalah dengan jumlah waktu yang lebih singkat.

So, kalian mau jadi yang mana programmer or developer? kalau mimin mengikuti jalanya ajadeh cocoknya dimana. 

Sekian dari saya bye.  


Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama