Perbedaan Open source dan Close source


Perbedaan Open source dan Close source

Dalam perkembangan teknologi yang semakin maju. Software (perangkat lunak) sangat di butuhkan sekali dalam kehidupan sehari hari. Didalam sebuah software memiliki jenisnya sendiri sendiri yaitu Open source dan Close source. Lalu apa saja perbedaan perbedaan yang bisa kita lihat dari kedua jenis software tersebut? mari simak pembahasan berikut.

Definisi Software

Yang pertama kita harus mendefinisikan apa itu software. Software adalah sebuah perangkat lunak yang dapat di akses/dijalankan melalui sebuah perangkat yang bernama komputer, dengan kata lain perangkat komputer yang tidak berwujud. Selanjutnya kita bahas
Open Source merupakan sebuah program atau software yang bisa kita unduh atau salin datanya kemudian bisa kita modifikasi data data yang ada di dalamnya. Dan kita bisa mengaksesnya tanpa harus membayar apapun, kita juga bisa menggunakan semau kita tanpa adanya pembatasan. Sedangkan Close Source adalah sebuah program atau software berbayar karena di dalamnya terdapat source kode. Apabila kita ingin menjalankan sebuah program maka kita harus masukan source kode dari program tersebut agar program dapat berjalan. Dan source kode tersebut tidak bisa di dapatkan secara gratis, mau tidak mau kita harus membelinya agar program lancar di gunakan.

Perbedaan Software 

Dilihat dari pengertian di atas kedua software ini memiliki perbedaan masing masing. Lalu apa saja perbedaanya?
1.Harga
Open source dalam pengertianya dapat disimpulkan bahwa software open source ini gratis. Gratis dalam artian dapat menggunakan nya secara gratis dan di unduh secara gratis tetapi fitur yang di sediakan tidak bakal sekomplit software close source.

Close source Perangkat atau software berbayar biasanya penerbit dari software tersebut memberikan harga yang bervariasi tergantung fitur fitur yang nantinya kita dapatkan saat kita membelinya. Biasanya juga kita diberikan akses atau control penuh apabila ada updatean terbaru pasti kita diberi tahu oleh pihak penerbit.

2.Kegunaan 
Dilihat dari penggunaan Open source lebih di peruntukan untuk pengembangan bukan untuk orang biasa karena di dalam software open source si pengguna bisa berkreasi dari software tersebut dan tentunya itu sulit di lakukan oleh orang yang masih awam.

Sedangkan Close source Kebalikan dari Open source di peruntukan untuk pengguna awam karena biasanya di berikan akses full control apabila ada masalah kita dapat menghubungi si pembuat software tersebut dan diberikan solusi agar software dapat berjalan dengan semestinya.

3.Pelayanan
Bicara soal pelayanan, tentunya pelayanan yang di berikan berbeda 120% biasanya software Open source bisa kita dapatkan melalui website atau forum forum online dan kita tidak tau sipembuat dari software tersebut. Sedangkan Close source akan diberikan pelayanan karena pembuatnya jelas dan kita dapat menghubungi pembuat apikasi tersebut apabila ada masalah yang timbul.

4.Ketersedian
Opensource aksesnya tak terbatas kita bisa menemukan di mana saja dan dapat di unduh kapan saja. Sedangkan Close source biasanya si penerbit hanya mengeluarka beberapa saja agar software itu tetap menjadi Close soure.

5.Keamanan
Open source biasanya sudah di modifikasi oleh seseorang sehingga kita tidak tahu apabila di dalam software tersebut terpasang alat/ data data khusus sehingga bahaya pencurian data lebih besar.
Berbeda dengan Close source biasanya lebih aman karena kita bisa berkomunikasi dengan penerbit dan aksesnya pun jelas.

Saya kira cukup pembahasan di atas mengenai perbedaan Open source dan Close source terimaksaih. Jangan lupa tinggalkan komentar apabila artikel ini berguna bagi anda, See you


Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama