Perbedaan basis data dengan pemrosesan file tradisional

Apa itu Basis Data? Basis data didefinisikan sebagai sekumpulan data yang saling berhubungan, disimpan dengan minimum redundasi untuk mela...


Apa itu Basis Data?

Basis data didefinisikan sebagai sekumpulan data yang saling berhubungan, disimpan dengan minimum redundasi untuk melayani banyak aplikasi secara optional.

Dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas apa sih perbedaan Basis data dengan pemrosesan file tradisional. Mari simak penjelasanya di bawah ini.

Pemrosesan file Tradisional

Merupakan pemrosesan data diperlukan untuk mengolah data menjadi informasi. Integrasi informasi dapat menjadika informasi menjadi lengkap dan relevan, sehingga dapat memberikan manfaat yang optimal.

Secara tradisional atau konversional, kegiatan pemrosesan data suatu aplikasi dilaksanakan oleh bagian yag terkait dengan aplikasi tersebut.

Kenyataan ini membuat sulit dilakukan integrasi data dengan karakteristik sebagamana telah disebutkan, terdapat sejumlah keterbatasan yang menyebabkan beaya pemrosesan menajadi mahal dan meningkatkan kemungkinan terjadinya kesalahan.

Keterbatasannya Antara lain adalah:

Data menjadi terpisah dan terisolasi, karena antar file data tidak terhubung.

Muncul redudasi data, yang tidak dapat dihindarkan karena setiap aplikasi mempunyai file data sendiri-sendiri.

Berpotensi terjadinya inkonsistensi data,yaitu jika dilakukan modifikasi data di suatu file tetapi file yang lain (yang berisi data yang sama dengan data yang dimodifikasi) tidak dilakukan hal yang sama.

Sulit untuk menyajikan objek data yang komplek.

Kesimpulan untuk pemrosesan file tradisional sendiri adalah:

Dengan keterbatasan- keterbatasan tersebut, pemrosesan file tradisional kurang mempunyai keluwesan dan tidak mendukung pemakaian data bersama(data sharing).

Hal ini dapat menyebabkan tidak dapat dilakukan pertukaran data antar aplikasi.

Basis Data

Basis data dapat didefinisikan sebagai kumpulan data yang saling berhubungan, disimpan dengan minimum redudansi untuk melayani banyak aplikasi secara optimal.

Rendudasi (kelebihan):

Penyimpanan data yang sama secara berulang.

Jika data yang diperoleh dari data lain disimpan tersendiri.

Data yang sama disimpan dalam banyak table yang berbeda.

Masalah yang timbul dari Rendudansi adalah Menyebabkan masalah pada waktu meperbarui(update) data, ruang penyimpanan yang boros, dan dapat menimbulkan tidak konsistenya data.

Dalam hal lain pasti memiliki kerukarangan dan kelebihan, maka saya akan menjelaskan kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh sistem file Basis data, Berikut penjelasanya.

Keunggulan:

Kecepatan, kemudahan dan efesiensi ruang penyimpanan.

Rendudansi data minimum.

Konsistensi data.

Integrasi data.

Pemakaian data bersama.

Menjalankan pembakuan.

Kekurangan:

Spesialisasi baru.

Perlunya biaya awal.

Perlu konversi data.

Perlunya backup

Meningkatnya kompleksitas data

Data mudah di serang.


COMMENTS

Nama

Apple,6,Artikel,126,ASUS Rog Zephyrus g14,1,Backlink,1,Bahasa Indonesia,1,Bulu Tangkis,1,Console,14,Cyberpunk 2077,1,Dlc 2,1,fotografi,3,Game,13,guest post,1,History,4,html,3,Jenis Laptop,1,Masa Depan,2,NFC,1,Pc,3,pes 2013,3,pes 2020,3,pes 2021,4,Rekomendasi,1,Samsung,2,SepakBola,2,smartphone,3,soal rpl,3,soal tkj,19,Soal TKJ Kelas XI,1,Soal TKJ Kelas XII,1,Software Android,7,Software Pc,30,Steam,1,Teknik Informatika,1,Template,6,Ti,2,Tips,5,Tutorial,1,Xiaomi,1,
ltr
item
TECH PEDIA 04: Perbedaan basis data dengan pemrosesan file tradisional
Perbedaan basis data dengan pemrosesan file tradisional
https://1.bp.blogspot.com/-NFWFeQwZME0/XsYB1dtyIdI/AAAAAAAABZo/RsaSH5lGGYQXsPSpIwVt7PznCZzF2MU8wCK4BGAsYHg/s320/dbs.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-NFWFeQwZME0/XsYB1dtyIdI/AAAAAAAABZo/RsaSH5lGGYQXsPSpIwVt7PznCZzF2MU8wCK4BGAsYHg/s72-c/dbs.jpg
TECH PEDIA 04
https://www.techpedia04.my.id/2020/05/perbedaan-basis-data-dengan-pemrosesan.html
https://www.techpedia04.my.id/
https://www.techpedia04.my.id/
https://www.techpedia04.my.id/2020/05/perbedaan-basis-data-dengan-pemrosesan.html
true
3352910743458521246
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content