Pengertian jaringan komputer



Jaringan komputer adalah beberapa peranti keras (komputer) independen yang terhubung melalui media transmisi dengan aturan/protocol tertentu sehingga dapat saling berkomunikasi satu sama lainya seperti chatting, kirim surat elektronik (e-mail) sharing data dan peranti keras (printer,hardisk,serta procesor). Prinsip dasar jaringan adalah proses pengiriman data dari pengirim ke penerima melalui suatu media komunikasi tertentu. Seperti anda melakukan pengiriman surat dari kota tempat anda tinggal anda menuju alamat kota lain bahkan negara lain melalui kantor pos. Sebenarnya proses jaringan menggunakan prinsip yang sama seperti pengiriman surat ke kantor pos.

Tujuan dibangunya suatu jaringan komputer adalah membawa informasi secara tepat dan tanpa adanya kesalahan dari sisi pengirim (transmitter) menuju penerima (receiver) melaui media komunikasi. Teknologi yang menerapkan jaringan komputer guna membantu pekerjaan manusia dalam kehidupan sehari hari memilki sejumlah manfaat yang besar, antara lain sebagai berikut.

1.Berbagi informasi dan sumber daya 

Anda dapat memanfaatkan peralatan dan sumber daya yang ada secara bersama- sama, seperti printer, hardisk,dan scanner.

2.Integrasi data

Anda dapat menyatukan data yang terpisah baik jarak dan waktu.

3.Komunikasi 

Dengan jaringan, memungkinkan antar pengguna dapat saling berkirim data baik suara, video dan teks.

4.Distributed processing 

Pembagian proses ke beberapa komputer sehingga proses tidak terpusat dan beban kerja jadi lebih ringan.

5.Keteraturan aliran informasi

Data yang telah diolah menjadi informasi  dapat di akses dengan mudah oleh pengguna sesuai keperluan.

6.Keamanan data

Dengan jaringan, anda dapat membuat security terhadap data dengan cara memberi batasan hak akses dengan cara membatasi hak akses user terhadap data.

7.Konektivitas berbagai jenis dan merk komputer

Dengan jaringan, memungkinkan terjadinya konektivitas dan komunikasi antar komputer yang berbeda beda merk, jenis, dan standar protokolnya.

Cukup sekian artikel yang bisa saya share . Jangan lupa tinggalkan komentar .

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama