8 Soft skils yang harus diketahui anak IT



Pertama tama apa sih itu soft skill ?

Soft skill merupakan kombinasi dari keterampilan orang, keterampilan sosial, keterampilan komunikasi, karakter atau sifat kepribadian, sikap, atribut karier, kecerdasan sosial dan kecerdasan emosional, antara lain, yang memungkinkan orang untuk menavigasi lingkungan mereka, bekerja dengan baik dengan orang lain, berkinerja baik, dan raih tujuan mereka dengan melengkapi keterampilan keras.

The Collins English Dictionary mendefinisikan istilah "soft skill" sebagai "kualitas yang diinginkan untuk bentuk pekerjaan tertentu yang tidak bergantung pada pengetahuan yang diperoleh mereka termasuk akal sehat, kemampuan untuk berurusan dengan orang, dan sikap fleksibel yang positif."

Kali ini akan saya akan memberi 8 penjelasan tentang soft skill apa saja sih yang harus di miliki saat kita ingin terjun ke dunia / bidang IT.

1.Komunikasi
Komunikasi yang baik itu sangat penting bila anda ingin terjun di bidang IT sebenarnya di bidang lain pun sama karena komunikasi syarat utama dalam menyampaikan ide kita kepada orang lain. Oleh karena itu kita harus memiliki komunikasi yang baik pada saat menyampaikan sesuatu agar tidak keliru.

2. Mentoring
Mentoring yaitu kita bekerjasama atau sharing kepada seseorang sesama profesi bahkan berbeda propesi yang bertujuan adalah saling membimbing, bertukar ilmu tentang bidang yang kita punya kepada orang lain yang sebelumnya kurang paham dalam bidang tersebut.

3.Presentasi
Presentasi adalah hal penting dalam suatu pekerjaan terutama dalam bidang IT, biasanya orang IT di tuntut agar perusahaan nya bisa maju. Cara yang di gunakan yaitu dengan promosi produk/jasa yang di tawarkan kepada orang lain. Dengan soft skill presentasi yang baik dapat membuat pelanggan percaya dengan produk / jasa yang kita hal tersebut dapat mendorong perusahaan terus berkembang.

4.Manajemen waktu 
Dalam setiap bidang manajemen waktu adalah hal yang krusial karena dapat di artikan waktu adalah uang apabila kita malas malasan maka uang tidak akan menghampiri kita. Biasanya orang IT memiliki tarjet tersendiri dalam setiap pekerjaan yang di lakukan, Oleh karena itu manajemen waktu yang baik menjadi syarat utama dalam bidang IT. 

5.Bekerja dalam team
Ketika anda bekerja sama dengan tim dalam menuju tujuan bersama, beban kerja anda akan dibagi kepada setiap anggota tim yang lainnya. Dalam kegiatan kerja sama tim yang sempurna, pekerjaan tersebut harus dibagi secara merata dan diberikan sesuai dengan kemampuan atau keterampilan masing-masing anggota tim anda.

6.Pemecahan masalah 
Dalam hidup pasti aja ada masalah yang menghampiri kita, Tak ada bedanya pada saat kita kerja dalam pekerjaan pasti ada masalah yang rumit dan harus di selesaikan, oleh karena itu soft skill ini sangat penting di miliki setiap orang agar sewaktu waktu ada masalah kita dapat memecahkan masalah tersebut.

7. Kreativitas
Kreativitas individu yang baik dapat membuat suatu perusahaan menjadi maju oleh karena itu perusahaan menuntut setiap karyawannya untuk memiliki kreativitas agar muncul ide ide baru yang membuat perusahaan semaikin mudah dalam hal berinovasi.

8.Fleksibelitas
Fleksibelitas memiliki arti kemampuan tubuh buat melakukan gerakan melalui ruang gerak sendi secara aporisma. Oleh karena itu perusahaan IT lebih memilih yang fresh graduate karena fleksibekitasnya cukup tinggi di banding orang orang yang sudah berumur.

Itulah beberapa soft skill yang wajib di miliki saat kita inggin terjun dalam bidang IT atau bahkan bidang lain pun hampir sama?.

Cukup sekian Tips yang bisa saya bagikan, apa bila tips ini membatu alangkah baiknya tinggal kan kontar di bawah.





Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama