3 Elemen dasar perancang so


Hallo

Kali ini saya akan sedikit membahas apasih elemen dasar  dalam sistem operasi.Jadi di dalam sistem operasi modern di dalamnya memiliki 3 komponen penting yang dapat disebut dengan modular karena memiliki fungsi yang berbeda dan dapat di kembangkan secara terpisah ketiga bagian tersebut yaitu kernel, file, dan user interface. Dari ketiga elemen tersebut saya akan bahas satu persatu agar mudah untuk memahaminya. Berikut ini adalah penjelasan tentang ketiga elemen dalam  sistem operasi diatas.

1.Kernel


Kernel merupakan suatu software(kumpulan program) yang membentuk sistem dan memiliki tugas melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses hardware komputer secara aman dan terkendali. Karena akses terhadap hardware terbatas, sedangkan ada lebih dari satu program yang harus di layani dalam waktu yang bersamaan, maka kernel juga bertugas mengatur agar kapan dan berapa lama suatu program dapat menggunakan satu bagian hardware tersebut. Hal tersebut dinamakan sebagai multiplexing.

Kernel di bagi menjadi 4 kategori yaitu:
  • Monolitich kernel yaitu kernel yang menyediakan abtraksi hardware yang kaya dan powerfull.
  • Microkernel yaitu kernel yang menyediakan hanya sekumpulan kecil abstraksi hardware sederhana, dan menggunakan aplikasi-aplikasi yang disebut sebagai server untuk menyediakan fungsi fungsi lainya.
  • Hybird yaitu kernel yang mirip microkernel tetapi ia juga memasukan beberapa kode tambahan di kernel agar ia menjadi lebih cepat.
  • Exokernel yaitu kernel yang tidak menyediakan sama sekali abstaksi hardware, tetapi ia menyediakan sekumpulan library yang menyediakan fungsi-fungsi akses ke hardware secara langsung.

2.Sistem Manajemen File


File di sini merupakan suatu metode dan struktur data yang di pakai oleh sistem operasi untuk mengatur serta mengorganisir file yang terdapat di disk atau partisi disk. Manajemen file dapat di artikan sebagai disk atau parrtisi yang di pakai untuk menyimpan file data tertentu.

Sasaran dari sistem file adalah
  • Untuk memenuhi kebutuhan dari manajemen data bagi pemakai.
  • Untuk optimasi kinerja.
  • Untuk menjamin data yang terdapat pada file agar valid dan tidak corrupt.
  • Untuk meminimalisir potensi kehilangan data.

3.User Interface


User interface merupakan sebuah sistem operasi memiliki karakteristik bentuk interface yang menjadi interaksi antar user dengan komputer. Bentuk umum user interface yang ada, adalah Command Line Interface atau (CLI) yang memberikan tampilan dalam mode teks ke user, dengan bacground satu warna dan tampilan teks yang juga satu warna atau beberapa warna dasar. Komponen lainyan terdapat pada User Interface adalah Graphical User Interface (GUI) memberikan tampilan interaktif nyaman di gunakan oleh user. Resolusi gambar dan jumlah warna yang di hasilkan juga lebih banyak, tergantung kemampuan video adapter yang di miliki komputer.

Sekian pembahasan kali ini apabila bermanfaat silahkan tinggalkan komen di bawah ini. Terimakasih


4 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama