Mengenal Tino Sidin yang Menjadi Google Doodle hari ini

Ada yang berbeda ketika mengakses halaman pencarian Google hari ini. Ketika membuka halaman google.co.id, Anda akan disodorkan dengan sosok pria berka

Ada yang berbeda ketika mengakses halaman pencarian Google hari ini. Ketika membuka halaman google.co.id, Anda akan disodorkan dengan sosok pria berkacamata dengan topi khas pelukis di kepalanya.

Pria tersebut tampak memegang alat lukis seraya mengatakan, "Bagus". Di sampingnya, terlihat ilustrasi anak-anak yang tengah menggambar di kertas. Ia adalah Tino Sidin atau yang lebih akrab dikenal dengan panggilan Pak Tino. Hari ini adalah ulang tahun ke-95 dari sosok legendaris Tino Sidin.


Merayakan ulang tahun ke 95 artis dan guru Indonesia Tino Sidin. Dikenal sebagai Pak Tino (Sir Tino), Sidin menjadi nama rumah tangga melalui serial televisinya Gemar Menggambar (Suka Menggambar), di mana ia mengajari satu generasi anak-anak cara menggambar dan memelihara bakat kreatif mereka. 

Pantas pula, tanggal 25 November juga di akui di Indonesia sebagai Hari Guru Nasional dalam rangka memperingati berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia pada tanggal tersebut pada tahun 1945.

Tino Sidin lahir pada hari ini pada tahun 1925 di Tebing Tinggi di Sumatera Utara, sekarang menjadi provinsi Indonesia. Dia pertama kali mulai mengajar di kampung halamannya pada usia 20-an dan pada tahun 1960 melakukan perjalanan ke Yogyakarta – salah satu pusat budaya negara tersebut - untuk menghadiri Akademi Seni Indonesia perintis (sekarang Institut Seni Indonesia). 

Pada tahun 1969, Menggambar Gemar pertama kali ditayangkan di stasiun TV lokal TVRI Yogyakarta, dan pada tahun 1979 menggambar lompatan ke televisi nasional Indonesia.

Setiap Minggu sore selama dekade berikutnya, Pak Tino memperkenalkan kesenangan dan kegembiraan menggambar kepada anak-anak yang tak terhitung jumlahnya. Seperti banyak guru yang dirayakan di seluruh negeri saat ini, Sidin mengasuh siswanya melalui dorongan positif. 

Dia menginspirasi para siswa untuk tidak takut membuat kesalahan, dan dia mengangkat semangat anak-anak yang menonton pertunjukan secara nasional, menunjukkan dukungan untuk karya seni yang mereka kirimkan dengan slogannya yang khas "Ya, bagus" ("Ya, bagus"). Seorang seniman yang berhasil di luar kamera juga, karya Sidin sendiri sering kali terinspirasi oleh kehidupan sehari-hari; Salah satu lukisannya, Empat Anak Main, (Four Children Play) misalnya, menggambarkan empat orang putrinya.

Pada 2017, sebuah museum didirikan di bekas kediaman Sidin di Yogyakarta, mengabadikan warisan seniman pengajar tercinta Indonesia.

Selamat Ulang Tahun untuk seorang pendidik yang telah membantu mencetuskan kreativitas dan mencetak masa depan yang lebih cerah bagi generasi anak Indonesia, dan terima kasih kepada semua guru yang tanpa lelah membina generasi penerus!

COMMENTS

Nama

Apple,6,Artikel,126,ASUS Rog Zephyrus g14,1,Backlink,1,Bahasa Indonesia,1,Bulu Tangkis,1,Console,14,Cyberpunk 2077,1,Dlc 2,1,fotografi,3,Game,14,guest post,1,History,4,html,3,Jenis Laptop,1,Masa Depan,2,NFC,1,Pc,3,pes 2013,3,pes 2020,3,pes 2021,4,Rekomendasi,1,Samsung,2,SepakBola,2,smartphone,3,soal rpl,3,soal tkj,19,Soal TKJ Kelas XI,1,Soal TKJ Kelas XII,1,Software Android,7,Software Pc,30,Steam,1,Teknik Informatika,1,Template,6,Ti,2,Tips,5,Tutorial,1,Xiaomi,1,
ltr
item
TECH PEDIA 04: Mengenal Tino Sidin yang Menjadi Google Doodle hari ini
Mengenal Tino Sidin yang Menjadi Google Doodle hari ini
Ada yang berbeda ketika mengakses halaman pencarian Google hari ini. Ketika membuka halaman google.co.id, Anda akan disodorkan dengan sosok pria berka
https://1.bp.blogspot.com/-SugAupk4VkA/X74-KxenDhI/AAAAAAAACUA/lYVxmT8rd2knOtW4kfYNrsQxEpVXnodvACNcBGAsYHQ/s320/celebrating-tino-sidin-5401220368826368-2xa.gif
https://1.bp.blogspot.com/-SugAupk4VkA/X74-KxenDhI/AAAAAAAACUA/lYVxmT8rd2knOtW4kfYNrsQxEpVXnodvACNcBGAsYHQ/s72-c/celebrating-tino-sidin-5401220368826368-2xa.gif
TECH PEDIA 04
https://www.techpedia04.my.id/2020/11/mengenal-tino-sidin-yang-menjadi-google.html
https://www.techpedia04.my.id/
https://www.techpedia04.my.id/
https://www.techpedia04.my.id/2020/11/mengenal-tino-sidin-yang-menjadi-google.html
true
3352910743458521246
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content