Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Server

 

Pengertian Server
Pengertian Server adalah sebuah mesin computer yang bertugas untuk memberi layanan atau service kepada setiap request atau permintaan dari computer client dalam sebuah jaringan.

Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Server

Oleh karena itu Server harus memiliki spesifikasi hardware yang tinggi, mempunyai ketahanna dan keandalan dalam memproses pekerjaan. Dalam membagun sebuah jaringan ada 5 hal yang perlu di perhatikan antara lain:

  1. Jumlah client
  2. Jenis Layanan
  3. Jangkauan Jaringan
  4. Jenis OS yang terhubung pada jaringan
  5. Tingkat kemanan dan pelayanan multy user

Fungsi Server

Fungsi Dan Kegunaan Komputer Server
Dari penjelasan pengertian komputer server di atas, mungkin sudah bisa anda pahami apa fungsi dari komputer server. Berikut beberapa fungsi dari komputer server:

  1. Dapat menyimpan file, data untuk di akes bersama menggunakan file sharing
  2. Menyediakan resource untuk di gunakan bersama baik itu perangkat keras ataupun berupa aplikasi agar dapat di gunakan di semua komputer client di dalam jaringan
  3. Menyediakan database atau aplikasi yang dapat di jalankan di semua komputer
  4. Bertanggung jawab melayani permintaan komputer client.
  5. Mampu mengatur hak akses level dalam jaringan, sehingga tidak semua client bisa membuka data yang di simpan di komputer server
  6. Bertanggungjawab mengatur lalu lintas data.
  7. Melindungi komputer client dengan memasang firewall atau anti malware di komputer server.

Cara Kerja server

Kinerja server harus selalu dimonitor atau dilakukan update dikelola dan dilakukan perbaikan untuk menjamin proses dalam mesin server selalu stabil dan terjaga.

Oleh karena itu, diperlukan seorang Admministrator atau penjaga jaringan yang bertugas untuk menangung jawab men-setup konfigurasi server mengelola dan memanajemen setiap proses service mesin server. Selain itu Administrator juga berperan  dalam melakukan perbaikan dan update system untuk memastikan performa server dalam keadaan baik.

Administrator dapat melakukan akses ke mesin server untuk memastikan performance server dalam keadaan baik. Administrator dapat melalui port SSH, telnet, atau remot destop (pada mesin berbasis windows)

Secara sederhana, server bekerja atas permintaan dari sebuah klien. Misalnya saja untuk kasus web server, ketika Anda mengetikkan suatu alamat website menggunakan browser, maka artinya komputer Anda sedang bertindak sebagai klien yang meminta informasi kepada web server. Web server tersebut kemudian mengirimkan isi website ke komputer Anda, sehingga Anda pun dapat mengakses isi website tersebut.

Sekian artikel yang bisa saya share mengenai Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Server semoga menjadi referensi anda.

 #Server #TKJ

Dedy Priyanto Freelancer

Belum ada Komentar untuk "Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Server"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel