Pengertian unit power supplay


Pengertian 

Unit power supply (ups) adalah perangkat yang biasanya menggunakan baterai backup sebagai catuan daya alternatif, untuk Dapat memberikan suplai daya yang tidak terganggu untuk perangkat elektronik yang terpasang. UPS merupakan sistem penyedia daya listrik yang sangat penting dan diperlukan sekaligus dijadikan sebagai benteng dari kegagalan daya serta kerusakan system dan hardware. UPS akan menjadi system yang sangat penting dan sangat diperlukan pada banyak perusahaan penyedia jasa telekomunikasi, jasa informasi, penyedia jasa internet dan banyak lagi. Dapat dibayangkan berapa besar kerugian yang timbul akibat kegagalan daya listrik jika sistem tersebut tidak dilindungi dengan UPS.

Jenis - jenis


1.UPS Stanby
Ups jenis ini biasanya digunakan di rumah- rumah dan di aplikasikan di personal komputer karena ukuranya yang kecil, harganya murah tapi kualitasnya bisa menjaga arus listrik yang mengalir di komputer pribadi kita.

2.Ups Line Interactive
Ups jenis ini biasanya di guakan untuk small zone. Ups ini memeiliki ketahanan fisik yang baik, serta mamapu menyesuaikan voltase yang lumayan baik.

3.Ups Double Conversion On-Line
Ups jenis ini meiliki daya lebih dari 10kVa. Ups ini hampir mirip dengan Ups stanby, namun yang membedakan hanyalah ups double conversion on line sumber tenaga utamanya berada pada inverter bukan pada sumber listrik ac.

4.Ups Delta Conversion On-Line
Ups jenis ini hampir sama dengan jenis ups sebelumnya, Ups delta conversion on-line memakai inverter untuk selalu memasok voltase. Di dalam ups delta memiliki 2 fungsi yaitu sebagai pengendali karakteristik input, serta mengendalikan arus input yang kemudian mengarah ke pengesian baterai.

Sekian penjelasan mengenai ups. Terimakasih

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama