Eric yuan pendiri layanan zoom



Siapa yang tak kenal dengan Eric Yuan yang namanya akhir akhir ini viral. Mengapa beliau sampai viral? yang membuat viral adalah sebuah aplikasi yang di buatnya mengalami peningkatan yang sangat pesat. Aplikasi yang di maksud adalah zoom.  Zoom video communications adalah perusahan layann konferensi jarak jauh amerika yang berkantor di San Jose California. Aplikasi ini menyediakan layanan konfrensi jarak jauh yang menggabungkan konferensi video, pertemuan online, obrolan serta kolaborasi secara online. Yang membuat aplikasi ini viral adalah di pakai berjuta juta orang akibat pandemik virus covid 19 yang mengharuskan orang terkena lockdown yang harus stay di rumah tetapi tetap bisa berkomunikasi jarak jauh oleh karena itu layanan zoom mengalami peningkatan yang sangat pesat. Yang membuat zoom viral ialah fiturnya yang bisa membuat grub semacam live video dengan jumlah anggota yang banyak. Hal itu lah yang membuat pamor aplikasi tersebut naik pesat.

History Zoom.

Zoom didirikan pada 2011 oleh Eric Yuan, insinyur utama dari Cisco Systems dan unit bisnis kolaborasinya WebEx. Layanan ini dimulai pada Januari 2013, dan pada Mei 2013 mengklaim satu juta peserta. Selama tahun pertama peluncurannya, Zoom menjalin kemitraan dengan penyedia perangkat lunak kolaborasi B2B, seperti Redbooth (kemudian Teambox), dan juga menciptakan program bernama "Bekerja dengan Zoom", yang membangun kemitraan dengan beberapa vendor perangkat keras dan perangkat lunak seperti sebagai Logitech, Vaddio,  dan InFocus.

Pada Juni 2014, Zoom memiliki 10 juta pengguna. Pada bulan Februari 2015, jumlah peserta yang menggunakan produk utama Komunikasi Zoom Video, Zoom Rapat, mencapai 40 juta orang, dengan 65.000 organisasi berlangganan. Perusahaan telah menyelenggarakan total 1 miliar menit rapat sejak didirikan.

Pada 4 Februari 2015, Zoom Video Communications menerima dana Seri C US $ 30 juta. Peserta dalam putaran pendanaan ini termasuk Emergence Capital, Horizons Ventures (Li Ka-shing), Qualcomm Ventures, Jerry Yang, dan Patrick Soon-Shiong. Pada November 2015, mantan presiden RingCentral David Berman diangkat menjadi presiden Zoom Video Communications, dan pendiri dan CEO Veeva Systems, Peter Gassner, bergabung dengan dewan direksi Zoom.

Pada Januari 2017, Zoom secara resmi memasuki klub unicorn (penilaian US $ 1 miliar) dan menarik US $ 100 juta dalam pendanaan Seri D dari Sequoia Capital dengan penilaian satu miliar dolar.

Pada bulan September 2017, Zoom menyelenggarakan Zoomtopia 2017, konferensi pengguna tahunan pertama Zoom. Zoom mengumumkan serangkaian produk dan kemitraan baru, termasuk Kemitraan Zoom dengan Meta untuk mengintegrasikan Zoom dengan Augmented Reality, integrasi dengan Slack dan Workplace oleh Facebook, dan langkah pertama menuju konverter speech-to-text intelijen buatan.

Pada bulan Maret 2019, Zoom diajukan untuk go public di NASDAQ pada 18 April 2019, perusahaan go public, dengan saham naik lebih dari 72%, dengan penawaran umum perdana US $ 36 per saham. Perusahaan ini bernilai di bawah US $ 16 miliar pada akhir IPO-nya.

Dampak saat penyebaran covid 19

Pada tahun 2020, penggunaan Zoom naik 67% dari awal tahun hingga pertengahan Maret karena sekolah dan perusahaan mengadopsi platform untuk pekerjaan jarak jauh sebagai respons terhadap pandemi coronavirus. Karena pandemi semakin intensif, ribuan institusi pendidikan beralih ke kelas online menggunakan Zoom. Perusahaan menawarkan layanannya ke sekolah-sekolah K-12 secara gratis di banyak negara. Dalam satu hari, aplikasi Zoom diunduh 343.000 kali dengan sekitar 18% dari unduhan tersebut berasal dari Amerika Serikat. Zoom meningkat lebih dari 2,22 juta pengguna di bulan-bulan pertama tahun 2020 — lebih banyak pengguna daripada yang dikumpulkan secara keseluruhan pada 2019.  Akibatnya, pada bulan Maret 2020, Zoom saham meningkat menjadi US $ 160,98 per saham, meningkat 263% dari harga saham awal ketika pertama kali go public. Perusahaan melaporkan pengguna rata-rata harian naik dari sekitar 10 juta pada Desember 2019 menjadi sekitar 200 juta pada Maret 2020.

Zoom juga menjadi platform sosial yang populer selama pandemi. Jenderal Z dan Milenium telah terhubung satu sama lain melalui acara seperti "Zoom Blind Dates", dan "Zoom Recess". Zoom sebagai sebuah perusahaan telah berkembang menjadi meme Internet dan para siswa di sejumlah perguruan tinggi dan universitas telah menyebar meme tentang penggunaannya sebagai "Zoom University". Zoom juga telah memperoleh popularitas di antara pengguna dan keluarga yang lebih tua yang dipisahkan oleh pedoman dan mandat jarak sosial yang sedang berlangsung. Pertemuan sosial virtual ini sering disebut sebagai "Pesta Zoom".

Dengan maraknya konferensi video, insiden "Zoombombing", praktik para peserta secara tak terduga muncul di konferensi dan mengirimkan pornografi atau materi ofensif lainnya kepada peserta lain, telah terjadi, menyebabkan beberapa organisasi mengabaikan penggunaannya. Zoom. Untuk mengatasi hal ini, Zoom memperkenalkan fitur baru yang mengharuskan pengguna untuk memasukkan kata sandi saat mereka bergabung dalam rapat. Selain itu, mereka menerbitkan panduan untuk mengurangi kemungkinan insiden semacam itu.

Keamanan data dan praktik privasi Zoom juga mendapat sorotan tajam. Akibatnya, CEO Zoom merilis pernyataan meminta maaf atas masalah keamanan. Beberapa masalah adalah hasil dari Zoom yang telah dirancang untuk "lembaga besar dengan dukungan TI penuh." Untuk mengatasi masalah ini, Zoom mengatakan akan fokus pada privasi data dan mengeluarkan laporan transparansi. (kolaborasi dengan wikipedia)

Cukup sekian mengenai history zoom . see you next post


Dedy Priyanto Freelancer

Belum ada Komentar untuk "Eric yuan pendiri layanan zoom "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel