Pengertian harddisk

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas komponen utama yang terdapat pada komputer yaitu media penyimpanan komputer yang bernama Harddisk. Lalu apa sih itu Harddisk? Cakram keras atau piringan keras atau yang biasa disebut dengan Harddisk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data secara sekunder dan berisi piringan magnetis. 


Harddisk pertama kali diciptakan oleh Insinyur IBM, Reynold Johnson pada tahun 1956. Harddisk pertama di buat dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Harddisk di era sekarang sudah ada yang berukuran selebar 0,6 cm saja dengan kapasitas yang tidak maen maen yaitu 750 GB. Kapasitas terbesar Harddisk saat ini mencapai 14 TB dengan ukuran standar 3,5 inci. 

Data yang berada di dalam Harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam semua Harddisk biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat di tampung. Dalam perkembanganya kini Harddisk dilihat dari penampilanya secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Harddisk kini juga tidak hanya terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat di pasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB atau pun FireWire.

Karena Harddisk memiliki sifat yang rapuh dan tidak tahan terhadap goncangan, Harddisk dikategorikan sebagai barang yang mudah pecah.

Itulah pengertian Harddisk apabila info ini bermanfaat jangan lupa tinggalkan bintang melalui rate di bawah ini.
See you 
Dedy Priyanto Freelancer

1 Komentar untuk "Pengertian harddisk"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel