Sejarah berdirinya Facebook



Mark Elliot Zuckerberg atau sering di kenal dengan nama Mark Zuckerberg adalah seorang programer komputer dan pengusaha internet yang telah sukses. Ia di kenal karena menciptakan suatu situs jejaring sosial yang bernama Facebook yang berhasil di buat bersama teman temanya.

Mark Elliot Zuckerberg lahir tahun 1984 di White lains, New York dari pasangan Karen seorang psikiater dan Edward Zuckeberg seorang dokter gigi .

Semasa sekolah di Ardsley High school , Zuckerberg mendapatkan nilai tinggi pada mata pelajaran  klasika sebelum pindah ke Phillips Exeter Academy, pada tahun ia selalu mendapatkan hadiah di bidang sains.

Semasa kuliah Zuckerberg adalah anggota Alpha Epsilon pi. Yang pada awalnya Mark Zukerberg adalah mahasiswa biasa dari Universitas Havard. Lalu Mark membuat sistem jejaring sosial untuk kelasnya. Tetapi setelah itu semakin banyak orang yang bergabung pada sistem jejaring sosoal yang ia buat. Sistem itu lama kelamaan telah menjaring universitas terdekat dari tempat kuliahnya. Zuckerberg di hadapkan pada pilihan pilihan sulit antara memilih melanjutkan pendidikanya atau bisnis proyek yang sedang ia kembangkan. Dengan sikap optimis Mark dan teman temanya memilih meninggalkan kuliah mereka dan memfokuskan pada proyek jeraring sosial yang ia buat.

Zuckeberg meluncurkan sistem jejaring sosialnya dari kamar asrama Havard pada tanggal 4 febuary 2004 yang ia berinama Facebook. Inspirasinya menciptakan facebook mungkin berasal dari Phillips Exter Academy sebuah sekolah tinggi swasta yang di mana Zuckerberg lulus pada tahun 2002. Ada sebuah buku yang di buat oleh siswa tersebut yang di berinama "The Facebook".

Awal muasalnya Facebook bisa sepopuler sekarang . Yang pada awalnya Facebook hanya sebagai "barang Havard" sampai akhirnya ia mulai mempromosikan ke Universitas lain dengan meminta bantuan teman sekelasnya. Yang pertama kalinya dimulai dari Stanford, Dartmouth dan lain lain.

Kemudian Zuckerberg pindah ke Palo Alto di California bersama Moskovitz dan teman temanya. Lalu ia menyewa rumah kecil yang di buat nya sebagai kantor. Pada tanggal 21 juli 2010 ia melaporkan bahwa perusahaan mencapai angka 500 juta penguuna . Pada saat itulah Mark dan teman temnya termotivasi untuk mengembangkanya agar pengunaya semaikin meningkat.

Pada tanggal 24 Mei 2007, Zuckerberg meluncurkan Facebook Platform, sebuah platform pengembangan untuk para pemrogram untuk membuat aplikasi sosial dalam Facebook. Dalam beberapa minggu, banyak aplikasi yang telah dibangun dan beberapa sudah memiliki jutaan pengguna. Ini berkembang menjadi lebih dari 800.000 pengembang di seluruh dunia aplikasi Facebook Platform. Pada tanggal 23 Juli 2008, Zuckerberg mengumumkan Facebook Connect, sebuah versi dari Facebook Platform untuk para pengguna. Sampai saat ini penguuna facebook mencapai 1,3 M penguuna aktif di seluruh dunia.

Pada tanggal 6 November 2007, Zuckerberg mengumumkan sistem periklanan baru sosial bernama Beacon, yang memungkinkan orang untuk berbagi informasi dengan teman-teman mereka berdasarkan kegiatan browsing mereka di situs lain. Misalnya, penjual eBay bisa memberitahu teman-teman tahu secara otomatis apa yang telah mereka untuk dijual melalui Facebook news feed daftar barang-barang mereka yang dijual. Program ini berada di bawah pengawasan karena masalah privasi dari kelompok-kelompok dan pengguna individu. Zuckerberg dan Facebook gagal untuk menanggapi keprihatinan dengan cepat, dan pada tanggal 5 Desember 2007, Zuckerberg menulis blog di Facebook yang isinya mengambil tanggung jawab atas keprihatinan tentang Beacon dan menawarkan cara yang lebih mudah bagi pengguna untuk memilih keluar dari layanan tersebut.

Di dalam profil Zuckerberg , ia menyebutkan bahwa keterbukaanya menciptakan sesuatu yang membantu orang orang terhubung dan berbagi segala hal yang penting bagi mereka revolusi,aliran informasi dan minimalis. Mengapa ia menciptakan facebook dengan warna biru tua ?  karena ia lebih enak melihat warna biru di karenakan buta warna merah hijau yang di alaminya sehingga ia memilih warna biru sebagai warna paten facebook.

Pada tahun 19 mei 2012, Zuckerberg menikah dengan Priscila chan yaitu teman lamanya sewaktu ia kuliah dulu.

Pata tahun 2015, ia mengumumkan kelahiran anaknya yang pertamanya yang ia beri nama Maxima Chan Zuckerberg. Ia juga menuliskan surat yang bertuliskan bahwa ia akan mendirikan sebuah yayasan yang bernama Chan Zuckrberg initiative.

Cukup sekian artikel yang bisa saya bagikan cukup sekian jangan lupa tinggalkan komentar


Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama