Technology

Macam - macam sistem operasi pada komputer



Apa sih itu sistem operasi?

Sistem operasi (bahasa Inggris:operating system:disingkat OS) adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak, serta sebagai daemon(pengontrol) untuk program komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting.  

Jenis OS yang sering di gunakan.

Apa saja sih OS yang sering di gunakan pada komputer ?  


    1. Microsoft  DOS


   Awal berkembangnya sistem operasi windows bermula  dari proyek yang di tangani oleh SCP(Seattle Computer Products) yang di pimpin Tim Petterson pada tahun 1980 yang telah meluncurkan Q-DOS (Quick and Dirty Operation System). Perkembangan DOS semula hanya bertujuan mengoperasikan file dalam disk berbasis teks, kini telah menjadi populer yang semula di gemari di kalangan masyarakat. Hal ini karena tampilan GUI-nya (Graphical User Interface) yang di kenal dengan nama windows. Versi desktop client windows telah mencapai release versi windows 10, sedangkan untuk kategori server terdapat windows server 2012.

     2. Unix


   Projek Unix pertama kali dikembangkan oleh AT&T (American Telephone and Telegraph) yang berkerjasama dengan General Electrc dan Instute Technologi Massachusetts (MIT) sebagai sistem yang secara khusus di pesan dan dibiayai oleh Departmen Pertahanan America (Defense Advanced Research Project Agency) atau yang sering populer di kenal dengan nama DARPA. Karena tidak selesai sesuai dengan jadwal , proyek DARPA tersebut di hentikan. Namun oleh para peneliti dan anggota tim yang berada dalam riset tersebut tetap di kembangkan bahkan ditulis ulang oleh Ken Thompson menggunakan bahasa pemrograman C (buatan Dennis Ritchie). Setelah dirilis dan di jual beserta source -nya, Unix mulai di kembangkan oleh para penggunanya sehingga banyak bermunculan varian Unix seperti, Domain,X,CTIX, A/UX, Distrix,Free BSD.

     3.Linux

   Bermula dari kode Minix yang di tulis oleh Andrew S . Tanenbaum pada tahun 1987 sebagai varian Unix. Pata tahun 1991, Linus Torvald membuat salinanya dan menulis ulang sistem tersebut dalam bahasa C yang menjadi cikal bakal sistem kernel saat ini. Sistem kernel tersebut kemudian di publish dan disebarluaskan denagan kemudahan untuk melakukan modifikasi dan mengupdate sistem yang berada di dalamnya. Hasilnya, banyak pihak meresponya kemudian saling membantu untuk pengkembanganya. Akibatnya banyak lahir turunan atau yang sering di kenal dengan distro Linux , seperti Slackware, Debian, Suse, Redhat, Ubuntu, XUbuntu,Kubuntu, Knoppix, dan lain sebagainya.

   4.Mac Os  


   Mac Os merupakan sistem operasi yang di rancang khusus untuk komputer berbasis Macintosh sekitar tahun 1984. Namun, pada akhir - akhir ini, sistem operasi Mac Os sudah dapat di gunakan pada semua jenis komputer semenjak di kenalkan compabilily system dengan arsitektur mesin Power PC atau X86. Sistem tersebut memungkinkan Mac Os dapat berjalan dan bekerja pada mesin komputer selain Macintosh.

Sekian artikel yang bisa saya sampaikan semoga artikel yang saya berikan dapa bermanfaat. 
Jangan lupa berkomentar :)
 

 







Dedy Priyanto Freelancer

Belum ada Komentar untuk "Macam - macam sistem operasi pada komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel