Konsep - konsep keamanan pada jaringan komputer



Keamanan jaringan selalu identik dengan mekanisme mempertahankan diri dari segala kemungkinan terjadinya serangan serta menutup celah celah yang dapat menyebabkan intruder masuk ke sistem. Kebutuhan security sangat tergantung dari aplikasi dan layanan yang dijalankan oleh komputer itu sendiri. Dengan demikian, ada dua istilah kondisi komputer, yaitu secure server dan vulner server. Serangkaian peraturan yang menetapkan kegiatan yang boleh dilakukan terhadap layanan server serta siapa saja yang dapat mengakses service server disebut sebagai kebijakan keamanan komputer atau lebih dikenal sebagai security policy.

Seperti dijelaskan di bawah ini , bahwa dalam menetapkan jenis kebijakan keamanan di perlukan tiga tahap, yaitu sebagai berikut.

A.Threat analysis

  Threat analyis merupakan langkah analisis layanan server dan kapasitas jaringan dalam mendukung sistem bisnis yang sedang atau akan di terapkan oleh organisasi.

B.Security Policy 

  Security Policy merupakan rangkaian aturan untuk mencegah terjadinya penyerangan atau penyusupan terhadap jaringan dan komputer server. Rules dalam security policy merupakan tindakan nyata dalam impletasi tahap penganalisisan ancaman ( threat analysis ).

C.Security Mechanism

   Security Mechanism merupakan tahap dalam menerapkan mode keamanan yang telah di tetapkan sebelumnya.

 Tujuan utama menerapkan sistem keamanan jaringan yang kuat adalah menghindari masuknya penyusup ( intruder ). Macam - macam istilah intruder antara lain hacker, cracker, atau attacker yang menyusup dalam sistem server dengan memanfaatkan vulner yang terdapat dalam server.

Cukup sekian artikel yang bisa saya berikan semoga bermanfaat, jangan lupa tinggalkan komentar
see you :)


Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama