5 Penggolongan jaringan berdasarkan jangkauan wilayahnya



Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang 5 pengolongan jaringan berdasarkan jangkauan wilayahnya.

Berikut ini adalah penjelasan singkatnya.

1.PAN(Personal Area Network)
Personal area network adalah jaringan yang di gunakan sendiri. biasanya hanya di gunakan untuk menghubungkan 2 alat elektronik. seperti komputer dengan mouse yang di hubungkan menggunakan bluetooth. Disini yang menjadi network nya adalah bluetooth karena menghubungkan 2 alat agar bisa saling berhubungan.

2.LAN(Local Area Network)
Local area network adalah jaringan komputer yang menghubungkan komputer dalam area yang terbatas seperti di rumah, laboratorium, kampus.

3.MAN(Metropolitan Area Network)
Metropolitan area network adalah jaringan di suatu kota dengan kecepatan tranfer data yang cukup tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti Kampus. Jaringan MAN merupakan gabungan dari beberapa jaringan yang saling berhubungan. Jangkauanya sekitar 10 - 50 Km. Biasanya untuk menghubungkan antara kampus bagian dengan kampus pusat.

4.WAN(Wide Area Network)
Wide area network adalah jaringan komputer yang mencakup wilayah yang sangat besar, Contohnya yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota, bahkan negara. Jaringan WAN membutuhkan Jaringan LAN agar jaringanya bisa berhubungan dengan cakup wilayah yang sangat luas.

5.Internet(Interconnection networking)
Seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global transmision control protocol/internet protocol(TCP/IP) yang bertujuan untuk melayani miliyaran pengguna di seluruh dunia.

Sekian dari artikel.

Belum ada Komentar untuk "5 Penggolongan jaringan berdasarkan jangkauan wilayahnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Night Mode